Skip to main content

Cara Mengatur Posisi Objek dengan Wrap Text Word 2016

Cara Mengatur Posisi Objek dengan Wrap Text Word 2016Mengatur posisi objek dengan wrap text maksudnya adalah meletakkan objek di dalam paragraf teks. Dengan wrap text ini objek seolah dibungkus oleh teks. Posisi objek terhadap teks bisa diletakkan di bawah (tertutupi), atas (menutupi), dan dikelilingi oleh text. Bagi operator computer teknik wrap text ini bermafaat ketika mengerjakan halaman yang dibubuhi gambar atau shapes. Misalnya pengaturan gambar dalam pembuatan majalah, brosur, sertifikat, halaman cover maupun laporan.

Untuk lebih jelasnya kita langsung saja ikuti cara pengaturan posisi objek di Word 2016. Contoh dalam artikel ini gambar petama kali diletakkan di tengah paragraf teks. Ini juga dapat diterapkan di versi yang lainnya, karena pada prinsipnya sama.

Memasukkan file objek gambar ke dokumen

Diasumsikan Anda telah memasukkan objek gambar atau objek ke dalam halaman Word. Bisa melalui insert picture maupun trik drag and drop dari Explorer ke Word. Bila belum faham cara memasukkan gambar, silahkan ikuti posting artikel cara cepat memasukkan file gambar atau picture ke halaman Word.

Gambar di tengah paragraf teks, dikelilingi kitak dengan garis putus dan kotak kecil abu-abu di setiap pojok dan tengah garis
Gambar di tengah paragraf teks
Setelah objek gambar dimasukkan ke dalam halaman, klik objek gambar. Akan terlihat dikelilingi dengan garis putus-putus berbentuk persegi, Terdapat delapan kotak kecil abu-abu, terletak di setiap pojok dan tengah pinggirnya. Ini berarti objek dalam keadaan aktif untuk dilakukan pengaturan. Posisi objek tersebut berada di dalam baris teks, atau dalam posisi In Line with Text. Jarak baris mengikuti teks ketinggian gambar objek.

Posisi objek gambar

Ketika gambar dalam keadaan aktif untuk pengaturan,di ribbon akan bertambah tab Picture Tools, Format. Klik tab Format, di group Arrange klik Position. Menu drop down Position akan muncul, terdiri dari In Line with Text yang merupakan default. Di bawahnya terdapat With Text Wrapping yang terdiri dari enam posisi objek dalam halaman.

In Line with Text yaitu letak objek di posisi baris teks. Pilihan lainnya adalah With Text Wrapping yang memberikan beberapa pilihan posisi objek terhadap teks dalam paragraf di halaman Word. Batas teks akan mengikuti seperti kotak sekeliling objek. Pilihan posisinya adalah:
  • Di sebelah atas: kiri, tengah dan kanan.
  • Di sebelah tengah: kiri, tengah dan kanan.
  • Di sebelah bawah: kiri, tengah dan kanan.
    Mengatur posisi gambar dengan With Text Wrapping
    Mengatur posisi gambar dengan With Text Wrapping
Silahkan coba posisi objek dengan With Text Wrapping. Jika telah dipilih posisi, objek hanya dikelilingi oleh delapan kotak kecil abu-abu, di setiap pojok dan tengah pinggir.

Wrap text dalam halaman Word

Dalam Picture Tools, tab Format, group Arrange, sebelah kanan Position terdapat Wrap Text. Klik dan drop down Wrap Text akan muncul dengan bebearpa pilihan:
Menu drop down Wrap Text
Menu drop down Wrap Text
Format Wrap Text

Posisi gambar di baris teks.
Objek seolah dikelilingi batas persegi terhadap text.
Posisi gambar dengan Wrap Text Square
Posisi gambar dengan Wrap Text Square
Batas teks mengikuti batas objek.
Batas text mengikuti bentuk objek, lebih dekat dibanding dengan pilihan square.
Posisi gambar dengan Wrap Text Trough
Posisi gambar dengan Wrap Text Trough
Text berada di atas dan di bawah objek.
Posisi gambar dengan Wrap Text Top and Bottom
Posisi gambar dengan Wrap Text Top and Bottom
Objek berada di bawah, dilintasi tertutup text.
Posisi gambar behind text
Posisi gambar behind text
Objek berada di atas menutupi text.
Posisi gambar in front of text
Posisi gambar in front of text

Mengatur Edit Wrap Points

Edit Wrap Points adalah mengatur posisi teks batas yang membungkus gambar. Pilihan ini dari Picture Tools, Format, group Arrange, drop down Wrap Text, pilih Edit Wrap Points. Gambar akan dikelilingi titik-titik kotak dengan garis strip merah yang mengelilingi gambar. 

Silahkan klik tahan pada titik, lalu geser sampai posisi yang diinginkan. Batas teks akan mengikuti garis strip yang telah ditentukan posisinya. Jika ingin mnembah titik, klik dan tahan pada garis strip lalu geser, titik akan bertambah dengan posisi yang tekah ditentukan.
Gambar dengan posisi edit wrap points
Gambar dengan posisi edit wrap points
Jika ingin melakukan pengaturan lebih akurat dengan ukuran angkat, dapat dilakukan dengan klik More Layout Options.... Jendela Layout di tab Text Wrapping, bagian Distance from text dapat tentukan dengan angka di top, bottom, right dan left. Tentukan Wrapping style dan Wrap text. Di tab Position juga dapat menentukan posisi Horizontal, Vertical. Silahkan bereksperimen. Akhiri dengan klik tombol OK atau Cancel untuk membatalkan.
Jendela Layout pengaturan Text Wrapping
Jendela Layout pengaturan Text Wrapping
Mengatur Posisi Objek dengan Wrap Text di halaman dokumen Word 2016 memberikan beberapa pilihan. Hal ini bermanfaat untuk mengatur posisi gambar dan objek lainnya terhadap teks. JIka ingin memindahkan obejek, lakukan dengan mengklik, tahan lalu geser pada letak posisi yang diinginkan. Untuk lebih memahami penempatan objek silahkan lakukan eksperimen.

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: Support Office

Comments

Popular posts from this blog

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?

Print Halaman Terpilih di MS Word 2010

Mencetak hanya halaman terpilih saja di MS Word 2010 dengan pilihan Print Current Page, Print Selection dan Print Custom Range.

Secara default settings seleksi halaman untuk dicetak pada Word 2010 adalah Print All Pages. Ini berarti mencetak seluruh halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Tapi kadang kita membutuhkan pencetakan hanya pada satu atau beberapa halaman tertentu saja. Jadi yang akan dilakukan adalah Print Halaman Terpilih di MS Word 2010.

Ketika akan mencetak sebaiknya melakukan pratinjau atau print preview terlebih dahulu untuk melihat tampilan dokumen yang akan dicetak. Pada versi sebelumnya menu print preview merupakan menu yang terpisah. MS Word 2003, menu File>>Print Preview, MS Word 2007 klik logo berbetuk bulat di kiri atas lalu klik Print Preview. Di MS Word 2010 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print. Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2.
Bagaiamanakah cara…