Skip to main content

6 Jenis Rumus Formula Yang Wajib Diketahui di Excel 2016

6 Jenis Rumus Formula Yang Wajib Diketahui di Excel 2016Excel menyediakan banyak sekali rumus untuk mengerjakan data dalam tabel. Bahkan banyak menemui rumus yang sebelumnya tidak pernah mengetahuinya. Berdasarkan pengalaman, hanya beberapa rumus saja yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Tidak jauh-jauh dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, nilai-rata-rata, pernyataan logika dan lain-lain.

Dari beberapa rumus tersebut, mungkin ada 6 (enam) jenis rumus formula yang wajib diketahui di Excel 2016 dan versi lainnya. Pengerjaan rumus, dari setiap versi Excel tidak jauh berbeda, bahkan bisa disimpulkan tidak berubah. Jadi memahami rumus Excel dari versi berapapun, akan dapat diterapkan di hampir semua versi.

Berikut ini adalah 6 jenis rumus formula Microsoft Office Excel yang wajib diketahui oleh operator computer :

6 Jenis Rumus Formula Microsoft Office Excel

1. SUM

Formula: = SUM (5, 5) atau = SUM (A1, B1) atau = SUM (A1: B5)
Formula SUM melakukan perssis seperti yang Anda harapkan. Memungkinkan Anda untuk menambahkan 2 atau lebih angka bersamaan. Anda juga dapat menggunakan referensi sel dalam rumus ini.

Untuk lebih memahami tentang rumus formula SUM juga dapat diikuti dari pembahasan tentang rumus formula sederhana dan rumus formula kompleks.

2. COUNT

Formula: = COUNT (A1: A8)
Formula count menghitung jumlah sel dalam rentang yang memiliki angka di dalamnya.
Count hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka
COUNT hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka
Tip: Rumus formula COUNT hanya menghitung sel di mana ada angkanya.

3. COUNTA

Formula: = COUNTA (A1: A8)
Menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam rentang. Akan menghitung sel yang memiliki angka dan/ atau karakter lain di dalamnya.
Formula COUNTA bekerja dengan semua tipe data.
Berbeda dengan COUNT, COUNTA ini menghitung jumlah sel yang tidak kosong, tidak peduli jenis datanya.
CountA menghitung semua sel tidak kosong
COUNTA menghitung jumlah semua sel tidak kosong
Tip: Rumus formula COUNTA menghitung sel yang tidak kosong termasuk angka dan huruf.

4. LEN

Formula: = LEN (A1)
Formula LEN menghitung jumlah karakter dalam sel. Termasuk spasi!
Perhatikan perbedaan dalam hasil rumus: 10 karakter tanpa spasi di antara kata-kata, 12 dengan spasi di antara kata-kata.
LEN menghitung jumlah karakter dalam sel berikut spasi
LEN menghitung jumlah karakter dalam sel berikut spasi

5. VLOOKUP

Formula: = VLOOKUP (lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Pada dasarnya, VLOOKUP memungkinkan Anda mencari informasi spesifik di spreadsheet Anda. Misalnya, jika Anda memiliki daftar harga produk, Anda dapat mencari harga barang tertentu.
Kita akan menggunakan VLOOKUP untuk menemukan harga Penggaris. Anda mungkin sudah melihat bahwa harganya Rp 11,000.00, tetapi itu karena ini adalah contoh sederhana. Setelah Anda mempelajari cara menggunakan VLOOKUP, Anda akan dapat menggunakannya dengan spreadsheet yang lebih besar dan lebih rumit, dan saat itulah akan sangat berguna.
Contoh VLOOKUP dalam tabel harga barang
Contoh VLOOKUP mencari harga Penggaris dalam tabel harga barang
Seperti halnya rumus apa pun, Anda akan mulai dengan tanda yang sama (=). Kemudian, ketikkan nama formula.
= VLOOKUP ("Penggaris"

Argumen kedua adalah rentang sel yang berisi data. Dalam contoh ini, data kami dalam B2: C11. Seperti halnya fungsi apa pun, Anda harus menggunakan koma untuk memisahkan setiap argumen:
= VLOOKUP ("Penggaris", B2: C11

Catatan: Penting untuk diketahui bahwa VLOOKUP akan selalu mencari kolom pertama dalam rentang ini. Dalam contoh ini, akan mencari kolom B untuk "Penggaris". Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu memindahkan kolom di sekitar sehingga kolom pertama berisi data yang benar. Itulah alasannya, mengapa dalam contoh sel A tidak dimasukkan ke formula (hanya B dan C saja).

Argumen ketiga adalah nomor indeks kolom. Ini lebih sederhana daripada kedengarannya: Kolom pertama dalam rentang adalah 1, kolom kedua adalah 2, dll. Dalam kasus ini, kita mencoba mencari harga barang, dan harga tercantum di kolom kedua. Itu berarti argumen ketiga adalah 2:
= VLOOKUP ("Penggaris", C2: C11, 2

Argumen keempat memberitahu VLOOKUP apakah akan mencari pertandingan yang sesuai, dan itu bisa berupa TRUE atau FALSE. Jika TRUE, itu akan mencari kecocokan perkiraan. Umumnya, ini hanya berguna jika kolom pertama memiliki nilai numerik yang telah disortir. Karena kimi hanya mencari pencocokan tepat, argumen keempat harus FALSE. Ini adalah argumen terakhir, jadi lanjutkan dan tutup tanda kurung:
= VLOOKUP ("Bingkai foto", A2: B16, 2, FALSE)

Lihatlah! Ketika Anda menekan enter, akan memberi Anda jawabannya, yaitu Rp 11,000.00.

6. Pernyataan If

Formula: = IF (logical_statement, kembalikan ini jika pernyataan logis benar, kembalikan ini jika pernyataan logis salah).

Contoh:
Katakanlah penjual memiliki kuota untuk dipenuhi. Anda menggunakan VLOOKUP untuk menempatkan pendapatan di samping nama. Sekarang Anda dapat menggunakan pernyataan IF yang mengatakan: "IKA penjual itu memenuhi kuota mereka, katakan"Mencapai Target", jika tidak mengatakan" Tidak Mencapati Target"
= IF (C3> D3, “Mencapai Target”, “Tidak Mencapai Target”)

Pernyataan IF ini akan memberi tahu kami jika penjual pertama memenuhi kuota mereka atau tidak.
Ketika menyalin dan menempel rumus ini di sepanjang semua entri dalam daftar, rumus akan berubah untuk setiap orang penjualan.
Contoh rumus formula IF dalam tabel target penjualan
Contoh rumus formula IF dalam tabel target penjualan
Sebagai referensi Anda dalam menggunakan fungsi If dapat diikuti juga pada contoh menggunakan fungsi "IF" sederhana pada tabel kelulusan siswa di MS Excel.

Dengan memahami 6 jenis rumus formula Excel ini, cukup untuk mendukung pekerjaan regular perkantoran. Namun demikian, ada baiknya juga Anda tetap mengeksplorasi dan mempelajari rumus formula lainnya. Mungkin suatu saat akan bermanfaat. Yang terpenting, fahami dan terus banyak berlatih agar tidak mudah lupa.

Artikel tentang 6 jenis rumus formula yang wajib diketahui di Excel 2016 ini merupakan rangkaian dari Tutorial Microsoft Office Excel 2016 Level 1. Untuk tutorial berikutnya tentang bagaimana cara bekerja dengan data. Akan membahas cara membagi tampilan worksheet, menyortir data, memfilter data, dan lain-lain. Agar berkesinambungan, inilah rangkaian posting artikel tutorial sebelumnya.


Referensi:

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?