Skip to main content

Cara Menghitung Dengan Rumus Fungsi di Excel 2016

Menghitung Dengan Rumus Fungsi di Excel 2016Dengan menggunakan rumus fungsi di Excel, Anda dapat menghitung dengan mudah nilai rata-rata, jumlah item, mengetahui nilai maksimum dan minimum dengan cepat dan lain-lain. Dengan fasilitas fungsi, Anda dapat membuat rumus formula logika yang telah disediakan untuk berbagai kebutuhan. Operator computer dapat mengolah data di  tabel dengan mudah dan cepat.

Fungsi adalah formula yang telah disediakan untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan nilai tertentu dalam urutan tertentu. Excel mencakup banyak fungsi umum yang dapat berguna untuk menemukan jumlah, rata-rata, jumlah, nilai maksimum, dan nilai minimum dalam rentang sel dengan cepat. Agar dapat menggunakan fungsi dengan benar, Anda harus memahami berbagai bagian fungsi dan cara membuat argumen untuk menghitung nilai dan referensi sel.


Sebelum Anda menggunakan rumus fungsi, sebaiknya memahami terlebih dahulu tentang rumus sederhana dan rumus komleks.
Rumus berikut tujuan dan hasilnya sama, namun berbeda dalam penulisan rumus. Perbedaan cara penulisan rumus rormula dan fungsi, contohnya sebagai berikut:

Formula 
= A1 + A2 + A3 + A4 + A5 + A6 + A7 + A8

Fungsi 
= SUM (A1: A8)
Perbedaan penulisan rumus formula dan rumus fungsi. Hasilnya penghitungannya sama saja.

Bagian dari sebuah fungsi di Excel

Agar bisa bekerja dengan benar, sebuah fungsi harus ditulis dengan cara tertentu, yang disebut syntax. Sintaks dasar untuk sebuah fungsi adalah tanda sama dengan (=), nama fungsi (SUM, misalnya), dan satu atau lebih argumen. Argumen berisi informasi yang ingin Anda hitung.

=SUM (A1: A20)
Contoh bagian fungsi yang terdiri dari tanda sama dengan =, nama fungsi SUM dan argumen (A1:A20)

Bekerja dengan argumen Excel

Argumen dapat merujuk ke sel individu dan rentang sel yang harus dilingkupi tanda kurung. Anda bisa memasukkan satu argumen atau beberapa argumen, tergantung pada sintaks yang diperlukan untuk fungsinya.

Sebagai contoh, fungsi = AVERAGE (D1: D6) akan menghitung nilai rata-rata dalam kisaran sel D1: D6. Fungsi ini hanya berisi satu argumen.
Contoh fungsi average untuk menghitung nilai rata-rata
Contoh fungsi Average untuk menghitung nilai rata-rata
Multi argumen harus dipisahkan dengan koma. Misalnya, fungsi = SUM (A1: A4, B1: B3, D1) akan menambahkan nilai semua sel dalam tiga argumen. Tanda yang sama Nama fungsi Argument.
Contoh fungsi SUM dengan multi argumen
Contoh fungsi SUM dengan multi argumen

Membuat sebuah fungsi di Excel

Excel memiliki berbagai fungsi yang tersedia. Berikut adalah beberapa fungsi yang paling umum yang akan Anda gunakan:

Fungsi ini menjumlahkan/ menambahkan semua nilai dari sel dalam argumen.

Fungsi ini menentukan nilai rata-rata yang termasuk dalam argumen. Menghitung jumlah sel dan kemudian membagi nilai tersebut dengan jumlah sel dalam argumen.

Fungsi ini menghitung jumlah sel dengan data numerik dalam argumen. Berguna untuk menghitung item dengan cepat dalam rentang sel.

Fungsi ini menentukan nilai sel tertinggi yang termasuk dalam argumen.

Fungsi ini menentukan nilai sel terrendah yang termasuk dalam argumen.


Cara membuat fungsi dasar Excel

Dalam contoh di bawah ini, kita akan membuat fungsi dasar untuk menghitung harga rata-rata per unit dalam daftar pesanan barang menggunakan fungsi AVERAGE.
  1. Pilih sel yang akan berisi fungsi.
  2. Ketik tanda sama dengan (=) dan masukkan nama fungsi yang diinginkan. Anda juga dapat memilih fungsi yang diinginkan dari daftar fungsi yang disarankan yang akan muncul di bawah sel saat Anda mengetik. Contoh, kita ketik= AVERAGE.
  3. Masukkan rentang sel untuk argumen di dalam tanda kurung. Contoh, kita ketik (E3: E12).
  4. Tekan Enter pada keyboard Anda. Fungsi akan dihitung, dan hasilnya akan muncul di dalam sel.
Contoh membuat rumus fungsi di Excel
Contoh membuat rumus fungsi di Excel

Cara membuat fungsi menggunakan perintah AutoSum Excel

Perintah AutoSum memungkinkan Anda secara otomatis memasukkan fungsi yang paling umum ke dalam formula, termasuk SUM, AVERAGE, COUNT, MIN, dan MAX. Contoh di bawah ini, kita akan membuat fungsi untuk menghitung total biaya untuk daftar item menggunakan fungsi SUM.
  1. Pilih sel yang akan berisi fungsi.
  2. Pada grup Editing pada tab Home, cari dan pilih tanda panah di sebelah perintah AutoSum lalu pilih fungsi yang diinginkan dari menu drop-down. Dalam contoh kita, kita akan memilih Sum
  3. pilih fungsi dari autosum
    Memilih fungsi dari AutoSum
  4. Fungsi yang dipilih akan muncul di dalam sel. Jika ditempatkan secara logis, perintah AutoSum secara otomatis akan memilih rentang sel untuk argumen. Anda juga dapat secara manual memasukkan rentang sel yang diinginkan ke dalam argumen. 
  5. perintah autosum otomatis memilih rentang sel
    Perintah fungsi SUM dari AutoSum otomatis memilih rentang sel
  6. Tekan Enter pada keyboard Anda.

Pustaka Fungsi di Excel

Meskipun ada ratusan fungsi di Excel, yang paling sering Anda gunakan akan bergantung pada jenis data isi buku kerja. Tidak perlu mempelajari semua fungsi, namun mengeksplor beberapa jenis fungsi yang berbeda akan sangat membantu saat membuat proyek baru. Anda dapat mencari fungsi menurut kategori, seperti Financial, Logical, Text, Date & Time, dan lebih banyak lagi dari Function Library pada tab Formulas.
  • Untuk mengakses Pustaka Fungsi, pilih tab Formulas pada Ribbon. Function Library akan muncul.
  • Jika mengalami masalah dalam menemukan fungsi yang benar, perintah Insert Function memungkinkan Anda untuk mencari fungsi dengan menggunakan kata kunci.

Perintah AutoSum memungkinkan Anda mengembalikan hasil secara otomatis untuk fungsi umum, seperti SUM, AVERAGE, dan COUNT.

Perintah Recently Used memberi Anda akses ke fungsi yang baru saja Anda kerjakan.

Kategori Financial berisi fungsi perhitungan keuangan seperti menentukan pembayaran (PMT) atau tingkat suku bunga pinjaman (RATE).

Fungsi dalam kategori Logical memeriksa argumen untuk nilai atau kondisi. Misalnya, jika pesanan lebih dari Rp 500.000,-, dikenakan tambahan biaya Rp 5.000,- untuk pengiriman, namun jika harganya lebih dari Rp 1.000.000,-, tidak mengenakan biaya untuk pengiriman (IF).

Kategori Text berisi fungsi yang bekerja dengan teks dalam argumen untuk melakukan tugas, seperti mengubah teks menjadi huruf kecil (LOWER) atau mengganti teks (REPLACE).

Kategori Date & Time berisi fungsi untuk bekerja dengan tanggal dan waktu dan akan menghasilkan kembali seperti tanggal dan waktu sekarang (NOW) atau detik (SECOND).

Kategori Lookup & Reference berisi fungsi yang akan kembali menghasilkan untuk mencari dan mereferensikan informasi. Misalnya, Anda dapat menambahkan hyperlink (HYPERLINK) ke sel atau mengembalikan nilai persimpangan baris dan kolom tertentu (INDEX).

Kategori Math & Trig mencakup fungsi untuk argumen numerik. Misalnya, pembulatan nilai (ROUND), cari nilai Pi (PI) dikalikan (PRODUCT), subtotal (SUBTOTAL), dan masih banyak lagi.

More Functions berisi fungsi tambahan dalam kategori Statistical (Statistik), Engneering (Teknik), Cube (Kubus), Information (Informasi), dan Compatibility (Kompatibilitas).


Cara  menyisipkan fungsi dari Function Library Excel

  1. Pilih sel yang akan berisi fungsi.
  2. Klik tab Formulas pada Ribbon untuk mengakses Function Library.
  3. Dari grup Function Library, pilih kategori fungsi yang diinginkan.
  4. Pilih fungsi yang diinginkan dari menu drop-down. 
  5. Memilih fungsi dari Function Library
    Memilih fungsi dari Function Library
  6. Kotak dialog Function Arguments akan muncul. Anda bisa masuk atau memilih sel yang akan membentuk argumen dalam fungsi. 
  7. Masukkan sel terpilih dalam kotak dialog Function Arguments
    Masukkan sel terpilih dalam kotak dialog Function Arguments
  8. Bila Anda selesai dengan argumennya, klik OK.
  9. Fungsi akan dihitung, dan hasilnya akan muncul di sel.
Seperti formula, fungsi bisa disalin ke sel yang berdekatan. Arahkan kursor ke sel yang berisi fungsinya, lalu klik, tahan, dan seret fill handle sel yang ingin Anda isi. Fungsi akan disalin, dan nilai sel tersebut akan dihitung secara relatif terhadap baris atau kolomnya. Untuk lebih jelas tentang menyalin rumus dapat diikuti di artikel cara menghitung dengan formula kompleks dan menyalin rumus di Excel 2016

Perintah Insert Function

Jika mengalami masalah dalam menemukan fungsi yang benar, perintah Insert Function memungkinkan Anda untuk mencari fungsi dengan menggunakan kata kunci. Meskipun bisa sangat berguna, perintah ini terkadang agak sulit untuk digunakan. Jika tidak memiliki banyak pengalaman dengan fungsi, mungkin Anda lebih berhasil melihat-lihat Pustaka Fungsi. Untuk operator computer yang lebih mahir, perintah Insert Function bisa menjadi cara yang ampuh dalam menemukan sebuah fungsi dengan cepat.
salin rumus fungsi dengan fillhandle
Salin rumus fungsi dengan fillhandle

Cara menggunakan perintah Insert Function Excel

  1. Pilih sel yang akan berisi fungsi.
  2. Klik tab Formulas pada Ribbon, lalu pilih perintah Insert Function.
  3. Kotak dialog Insert Function akan muncul.
  4. Ketik beberapa kata kunci yang menjelaskan perhitungan yang Anda inginkan untuk dilakukan fungsi, lalu klik Go.
  5. Tinjau hasilnya untuk mencari fungsi yang diinginkan, lalu klik OK. Gambar kotak dialog Insert Function
  6. Kotak dialog Function Arguments akan muncul.
  7. Bila sudah puas, klik OK.
  8. Fungsi akan dihitung, dan hasilnya akan muncul di sel.
Kotak dialog Insert Function untuk memilih rumus fungsi
Kotak dialog Insert Function untuk memilih rumus fungsi

Coba sendiri!

  1. Buka buku kerja Excel yang ada.
  2. Buat sebuah fungsi yang berisi satu argumen. Jika Anda menggunakan contoh tersebut, gunakan fungsi SUM di sel B16 untuk menghitung jumlah total barang yang dipesan.
  3. Gunakan perintah AutoSum untuk memasukkan sebuah fungsi.
  4. Jelajahi Function Library, dan coba gunakan perintah Insert Function untuk mencari berbagai jenis fungsi.
Dalam pengetikan di Excel, terkadang memerlukan teks dengan karakter matematika atau rumus kimia yang menggunakan superscript dan subscript. Caranya dapat dilihat di posting artikel cara membuat superscript dan subscript di Excel 2016

Cara menghitung dengan rumus fungsi ini merupakan rangkaian dari Tutorial Excel 2016 level 1. Posting artikel selanjutnya akan membahas tentang rumus apa saja yang wajib diketahui. Bila Anda ingin mengikuti tutorial sebelumnya, silahkan ikuti artikel berikut:

Referensi:

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Print Halaman Terpilih di MS Word 2010

Mencetak hanya halaman terpilih saja di MS Word 2010 dengan pilihan Print Current Page, Print Selection dan Print Custom Range.

Secara default settings seleksi halaman untuk dicetak pada Word 2010 adalah Print All Pages. Ini berarti mencetak seluruh halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Tapi kadang kita membutuhkan pencetakan hanya pada satu atau beberapa halaman tertentu saja. Jadi yang akan dilakukan adalah Print Halaman Terpilih di MS Word 2010.

Ketika akan mencetak sebaiknya melakukan pratinjau atau print preview terlebih dahulu untuk melihat tampilan dokumen yang akan dicetak. Pada versi sebelumnya menu print preview merupakan menu yang terpisah. MS Word 2003, menu File>>Print Preview, MS Word 2007 klik logo berbetuk bulat di kiri atas lalu klik Print Preview. Di MS Word 2010 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print. Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2.
Bagaiamanakah cara…

Cara Cepat Meratakan Ketikan MS Word dengan Format Tab

Mengatur letak tab untuk meratakan ketikan di MS Word 2010 hanya dengan mengklik bagian penggaris memanjang atau ruler horizontal.

Cara cepat meratakan ketikan dengan format tab ini berlaku juga di MS Word 2003, MS Word 2007 dan MS Word 2010. Dalam tutorial ini iOu! mengerjakannya menggunakan MS Word 2010.

Untuk apa mengatur format tab? Format tab berguna untuk meratakan jarak spasi antar kata tertentu dengan kata berikutnya. Jika tombol keyboard tab ditekan maka kursor akan bergerak (loncat) pada letak symbol tab. Dan pada baris berikutnya akan ditemukan hal yang sama sehingga jarak spasi akan rata. Setting format tab biasanya dilakukan pada pengetikan membuat daftar isi dengan format tab. Atau mengetik titik dua sejajar untuk keterangan waktu dan tempat pelaksanaan suatu acara dalam surat undangan, atau biodata pada sebuah surat keterangan.