Skip to main content

Cara Membuat Variasi Halaman dengan Page Breaks dalam Dokumen Word 2016

Cara Membuat Variasi Halaman Dengan Section Break Dokumen Word 2016Membuat variasi halaman dalam satu file dokumen sangat dimungkinkan dalam Word. Halaman dapat berbeda orientasi, berbeda ukuran margin, bahkan berbeda nomor halaman. Bermanfaat untuk membuat multi desain halaman. Pengaturan variasi halaman ini memanfaatkan fasilitas fitur Page Breaks dan Section Breaks (pemutus atau pemecah halaman).

Ada beberapa pilihan dalam pengaturan page break dan section break. Aplikasi yang digunakan adalah Word 2016, dapat diterapkan juga di versi Word sebelumnya. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah penggunaan perintah menu dari tab Layout> group Page Setup>Breaks.

Menggunakan Perintah Menu Page Breaks

Perintah menu Layout, Breaks, Page Breaks
Perintah menu Layout, Breaks, Page Breaks

Perintah yang sama menu Insert, Page Break dan Page untuk membuat halaman baru

Perintah Page Breaks, Page
Perintah Page Breaks, Page

Jika menggunakan tombol Page Break yang di tab Insert> group Pages> Page Break, fungsinya untuk membuat halaman baru. Hal ini sama dengan ketika menggunakan tombol menu Page yang diakses melalui tab Layout> group Page Setup> Breaks> Page Breaks > Page.

Membuat halaman baru disini, maksudnya adalah membuat halaman kosong berikutnya lebih cepat. Membuat jeda tanpa harus melakukan Enter beberapa kali sampai terbentuk halaman baru. Keyboar Shortcut untuk perintah ini adalah Ctrl + Enter.

Perintah Page Breaks, Column

Perintah Page Breaks, Column
Perintah Page Breaks, Column
Menu Page Breaks yang berikutnya adalah Column. Perintah ini biasanya dilakukan ketika halaman memiliki lebih dari satu kolom. Misalnya dalam halaman terdapat dua kolom, dan Anda ingin sedang mengetik di kolom satu. Setelah mengetik setengahnya di kolom satu, dengan alasan tersendiri Anda ingin mengetik langsung ke kolom  kedua. Gunakan perintah dari tab Layout> Page Setup> Breaks> Page Breaks> Column, maka kursor akan langsung loncat ke baris petama kolom kedua. Akan terbentuk jeda antara kolom satu ke kolom dua.
Kursor loncat ke awal kolom berikutnya untuk membuat baris paragraf baru
Kursor loncat ke awal kolom berikutnya untuk membuat baris paragraf baru
Untuk membuat kolom dapat menggunakan perintah dari tab Layout> group Page SetupColumns. Silahkan pilih pengaturan dan jumlah kolom yang diinginkan, bila kurang gunakan More Columns....

Perintah Breaks, Text Wrapping

Jika Anda telah mengatur jarak antar paragraf lebih renggang, maka saat menggunakan tombol Enter akan terbentuk paragraf baru. Jarak yang sudah ditentukan dalam pengaturan paragraf akan membentuk jeda. Misalnya, Anda telah mengatur nilai After 12 pt, jarak antar paragraf akan mengalami jeda sebanyak 12 point. Contoh pengaturan jarak antara paragraf bisa dilihat dalam artikel berikut Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word.

Dalam keadaan tertentu kadang membutuhkan baris baru dalam paragraf. Dengan perintah Text Wrapping, Anda dapat membuat baris baru tanpa membuat parafraf baru. Jadi baris text baru yang dihasilkan tidak mempunyai jeda. Perintahnya melalui tab Layout> group Page Setup> Break> Page Breaks> Text Wrapping, akan membentuk jeda baris dalam paragraf.
Contoh baris teks baru dalam paragraf
Contoh baris teks baru dalam paragraf
Contoh manfaat lainnya adalah membuat baris baru pada Numbering list atau Bullet list. Jika Anda dalam daftar numbering ingin membuat baris baru dengan melakukan tekan tombol Enter, maka akan terbentuk baris nomor berikutnya. Agar terbentuk baris baru dalam list numbering tanpa membuat nomor baru bisa menggunakan Page Breaks> Text Wrapping.
Contoh baris teks baru dalam numbering list
Contoh baris teks baru dalam numbering list

Menggunakan Section Break untuk Mengatur Tata Letak dan Format Dokumen 

Mulai dengan mengontrol tampilan dokumen Anda. Satu halaman dapat memiliki beberapa bagian (section) yang berbeda. Misalkan, setiap section, dapat memiliki header dan footer, orientasi, format, dan spasi tersendiri.

Anda dapat menggunakan section untuk membuat (atau membatasi) perubahan format lainnya pada satu halaman yang sama atau antar halaman lainnya dalam dokumen Anda, termasuk:

Mengubah tata letak kertas, berdiri (portrait) atau terlentang (landscape).

Membuat bagian atas halaman (header), dan bagian bawah halaman (footer).

Menampilkan penomoran pada halaman. Dapat berbentuk urutan abjad ataupun angka.

Menambah lajur (kolom) pengetikan teks lebih dari satu kolom, bisa dua, tiga atau lebih.


Diasumsikan Anda telah membuat halaman baru Word melalui menu File, New, Black Document. Halaman kosong telah terbentuk. Misalkan, di halaman satu Anda membuat halaman cover. Cara membuat halaman cover dapat diikuti di posting artikel Cara Cepat dan Mudah Membuat Halaman Cover di Word 2016

Cara mengatur agar halaman berikutnya memulai section baru

Halaman berikutnya telah terbentuk. Direncanakan halaman kedua ini akan membuat bagian atau section baru untuk kata pengantar dan daftar isi.
  1. Pada tab Layout, di grup Page Setup, pilih Breaks.
  2. Lalu pilih jenis section yang Anda inginkan pada Section Break.

  3. Pilihan tipe section break
    Pilihan tipe section break
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan section, Anda memiliki pilihan tak terbatas agar bentuk halaman sesuai dengan harapan. Salah satu cara terbaik dan termudah untuk melakukannya adalah bereksperimen dan memainkan section break. Lihatlah apa saja yang sesuai untuk Anda dan bagaimana tampilan dokumen seperti yang diinginkan.


Pilihan Section Breaks

Perintah Section Breaks Next Page

Next Page section breaks, akan memulai section (bagian) baru pada halaman berikut. Pemutusan satu halaman untuk memulai halaman selanjutnya sebagai section baru. Pada halaman section baru tersebut dapat membuat nomor halaman, orientasi, ukuran kertas, dll. berbeda dengan halaman sebelumnya sampai dengan Anda membuat section baru lagi.
Pilih Layout> Breaks> Next Page.
Next Page section breaks untuk memulai bagian baru pada halaman berikutnya dalam dokumen Word
Next Page section breaks untuk memulai bagian baru pada halaman berikutnya dalam dokumen Word

Dengan perintah ini  section (bagian) halaman akan bertambah. Jumlah Section dapat dilihat di bagian bawah kiri jendela Microsoft Office Word. 
Cara mengetahui section halaman dokumen Word
Cara mengetahui section halaman dokumen Word

Perintah Section Breaks Continuous

Continuous section breaks, untuk memulai section baru pada halaman yang sama. Salah satu alasan paling umum untuk menggunakan jenis bagian ini adalah jika Anda menggunakan kolom. Dengan menggunakan section break semacam ini, Anda dapat mengubah jumlah kolom tanpa memulai halaman baru. Jadi dalam satu halaman dapat lebih dari satu section.
Contoh pengaturan beberapa section dalam satu halaman
Contoh pengaturan beberapa section dalam satu halaman
Contoh: Mulanya Anda memiliki halaman dengan satu kolom. Lalu di bagian halaman yang sama selanjutnya ingin membuat tata letak dua kolom.
  1. Pilih Continuous, lalu buatlah tata letak kolom baru.
  2. Ulangi jika masih ingin membuat bagian yang berbeda.
  3. Pilih Layout> Breaks> Continuous.
  4. Perintah Continuous section breaks memulai bagian baru pada halaman yang sama dalam dokumen Word
    Perintah Continuous section breaks memulai bagian baru pada halaman yang sama dalam dokumen Word

Perintah Section Breaks, Even Page

Even Page section breaks, memungkinkan Anda memulai section baru pada halaman berikutnya dengan nomor halaman genap.
Pilih Layout> Breaks> Even Page.
Perintah Even Page section breaks untuk memulai bagian baru di halaman bernomor genap berikutnya dalam dokumen Word
Perintah Even Page section breaks untuk memulai section baru di halaman berikutnya bernomor genap dalam dokumen Word

Perintah Section Breaks, Odd Page

Odd Page section breask, memungkinkan Anda memulai section baru pada halaman berikutnya dengan nomor halaman ganjil.
Pilih Layout> Breaks> Odd Page.
Perintah Odd Page section breaks untuk memulai bagian baru pada halaman bernomor ganjil berikutnya dalam dokumen Word
Perintah Odd Page section breaks untuk memulai section baru pada halaman berikutnya bernomor ganjil dalam dokumen Word
Dengan variasi halaman section break dalam satu file dokumen Word ini, operator computer biasanya menggunakan untuk pembuatan karya tulis yang isinya kompleks. Tidak perlu dokumen file terpisah walaupun terdiri dari cover, daftar isi, dan bab dengan perbedaan format penomoran halaman dan orientasi kertas yang berbeda.

Semoga bermanfaat.

Referensi: support.office.com

Comments

Popular posts from this blog

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Print Halaman Terpilih di MS Word 2010

Mencetak hanya halaman terpilih saja di MS Word 2010 dengan pilihan Print Current Page, Print Selection dan Print Custom Range.

Secara default settings seleksi halaman untuk dicetak pada Word 2010 adalah Print All Pages. Ini berarti mencetak seluruh halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Tapi kadang kita membutuhkan pencetakan hanya pada satu atau beberapa halaman tertentu saja. Jadi yang akan dilakukan adalah Print Halaman Terpilih di MS Word 2010.

Ketika akan mencetak sebaiknya melakukan pratinjau atau print preview terlebih dahulu untuk melihat tampilan dokumen yang akan dicetak. Pada versi sebelumnya menu print preview merupakan menu yang terpisah. MS Word 2003, menu File>>Print Preview, MS Word 2007 klik logo berbetuk bulat di kiri atas lalu klik Print Preview. Di MS Word 2010 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print. Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2.
Bagaiamanakah cara…

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut: