Skip to main content

Tips Menghindari dan Mencegah Malware


Tidak ada jaminan dan alasan bahwa komputer Anda tidak bisa bebas dari malware.

Menghindari dan Mencegah MalwareMalware, kependekan dari malicious (malevolent) software atau perangkat perusak adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin sepengetahuan (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.

Istilah 'virus computer' kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus). wikipedia. Tentunya ini berbahaya kan?

Cara menghindari dan mencegah malware

Tak ada software yang dapat memikirkan kita. Hanyalah diri sendiri yang dapat menolong. Operator computer harus paham akan hal itu. Dan berikut ini adalah tips menghindari dan mencegah malware (urutan tidak berlaku):
  1. Ketahuilah apa yang diinstal ke komputer maupun gadget Anda. Banyak perangkat lunak yang dibundel dengan software add-ons yang tidak diinginkan, seperti adware, toolbar dan malware. Semakin banyak perangkat lunak yang legal menginstal toolbar tidak berguna jika tidak dibuka dulu centangnya. Jangan menginstall file dari iklan, popup atau link acak. Jangan tergiur pada peringatan palsu tentang virus dan trojan yang ditemukan pada komputer maupun gadget Anda dan kemudian Anda diminta untuk menginstal perangkat lunak untuk memperbaiki hal ini. Amati juga tanda-tanda bahwa Anda mungkin memiliki malware pada komputer atau gadget Anda.
  2. Sangat penting sekali untuk menjaga sistem operasi Anda (Windows, Android), browser (IE, FireFox, Chrome, Opera) dan perangkat lunak lainnya secara up to date (terbaru) untuk menjaga kerentanan "patch" yang bisa ekploitasi. Kunjungi Windows Update sesering mungkin atau gunakan fitur auto-update. Aplikasi berbasis web lainnya seperti Java, Adobe Flash / Reader, iTunes dll juga penting untuk di-update. Semakin banyak dan aplikasi pihak ketiga yang menjadi sasaran. Gunakan fitur auto-update yang tersedia dalam perangkat lunak. Tidak yakin jika Anda menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak? Periksalah status versi mereka dan mendapatkan update di sini.
  3. Instal dan terus diperbarui: satu antivirus dan dua atau tiga aplikasi anti-malware. Jika tidak diperbarui maka akan menjadi tidak berharga. Ketika salah satunya sering menemukan malware maka inilah waktunya untuk meninjau keadaan komputer.
  4. Menahan diri untuk mengklik link atau lampiran E-Mail, IM, IRC, Chat Rooms, Blog atau Situs Jaringan Sosial. Tidak peduli seberapa menggoda atau mungkin juga pesan tampak resmi. Periksalah, siapa tahu itu E-mail Trik phishing.
  5. Jangan klik iklan/ pop up atau penawaran dari situs web yang meminta Anda perlu menginstal perangkat lunak ke komputer atau gadget Anda, untuk alasan apapun. Gunakan Alt + F4 untuk menutup jendela (pada OS Windows).
  6. Jangan klik pada tawaran untuk "memindai" atau scan komputer Anda. Instal ActiveX Objects dengan hati-hati. Apakah Anda percaya pada website tersebut untuk menginstal komponen?
  7. Pertimbangkan penggunaan account terbatas (non-hak istimewa/ non privileged) bukan account administrator, untuk penggunaan sehari-hari. Account terbatas dapat membantu mencegah dari terinstalnya malware dan mengurangi dampak potensialnya. Sesungguhnya kontrol akun pengguna / User Account Control (UAC) di Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 merupakan upaya pencegahan.
  8. Instal dan pahami * keterbatasan * dari software firewall.
  9. Risiko Browser Anda: mengapa dan bagaimana mengamankan browser Anda untuk berselancar yang lebih aman.
  10. Warez, crack, keygens dll sangat populer untuk membawa muatan malware. Jika Anda mencari ini Anda akan menemukan malware. Jika Anda men-download/ menginstall file melalui jaringan P2P Anda juga akan menemukan malware. Apakah Anda benar-benar mempercayai sumber file?

Itulah tips menghindari dan mencegah malware dari iOu!. Mungkin Anda lebih tahu banyak cara lain, silahkan dibagikan disini. Semoga bermanfaat.

Image courtesy of FrameAngel at FreeDigitalPhotos.net

Comments

Popular posts from this blog

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Cara Cepat Menghapus dan Menambah Baris atau Kolom di Tabel Excel 2016

Menghapus dan menambah (menyisipkan) baris atau kolom tabel Excel mudah. Bagi operator computer pastinya sering melakukan ini ketika membuat buku kerja. Sebenarnya ada cara yang sangat cepat untuk melakukan itu.

Baris adalah rentang sel (cell) horizontal, sedangkan kolom adalah rentang sel vetikal. Sel dalam Excel adalah kotak pertemuan dari baris dan kolom. Jika belum memahaminya silahkan buka tutorial tentang Apa Yang Disebut Sel (Cell) Di Excel 2016.