Skip to main content

Print Data Undangan Pada Label dengan Mail Merge

Jika kita telah menggabungkan data undangan dengan label. Lalu bagaimanakah cara mencetaknya agar printer mencetak seluruh atau sebagian data undangan ? Inilah langkah print data undangan pada label dengan menggunakan mail merge.

Kita bisa melakukan pencetakan dengan dua cara. Pertama mencetak dengan menggabungkan label ke lembaran lain terlebih dahulu. Dengan cara ini, lembaran baru akan langsung muncul sesuai dengan data yang diinginkan. Bisa lebih dari satu lembar dan per lembarnya adalah per lembar label.

Kedua mencetak langsung pada printer. Printer akan langsung mencetak beberapa lembar label sesuai yang kita tentukan. Langkah-langkahnya seperti ini:

Print Otomatis Data Undangan di Mail Merge

Tutorial ini menggunakan aplikasi Microsof Office Word 2003.

Klik icon Merge to New Document pada toolbar mail merge untuk menggabungkan pada lembar dokumen baru atau klik Merge to Printer untuk cetak gabung langsung ke printer.

Gambar Menu Merge to New Document

Menentukan record data yang akan diprint

Tentukan record yang akan digabungkan. Klik radio button All, jika ingin menggabungkan semua data. Pilih Current record, untuk data yang sedang ditayangkan saja. Atau pilih From: ... To: ... untuk data tertentu yang dikehendaki. Misalnya dari 1 sampai 24 ketik satu pada kotak From dan 24 pada kotak To. 
Lanjutkan dengan klik OK.

Gmbar Merge to New Document

Printer akan melakukan pencetakan berdasarkan data mail merge yang terpilih. Jumlah lembarnya menyesuaikan dengan file format label yang telah ditentukan dan disesuaikan.

Demikianlah cara print data undangan pada label dengan mail merge. Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: https://support.office.com/

Bukan maksud menggurui tapi hanya berbagi pengalaman.

Comments

  1. terima kasih atas bagi² ilmunya, buat aku sangat membantu ... maklum orang awam, skali lagi terima kasih

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas bagi² ilmunya, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. TErima kasih ilmunya, boleh ngak saya copy paste (buat disebar) tentu saya akan cantumin alamat mas..???

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya say "hai", Insya Allah dijawab semampunya. iOu! akan sangat menghargainya...

Popular posts from this blog

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.