Skip to main content

Menggabungkan Data List Undangan dengan Label di MS Word

Setelah mempersiapkan data penerima undangan dan format label undangan sekarang kita akan menggabungkannya agar data tersebut masuk ke dalam label secara otomatis. Penggabungan ini memanfaatkan fasilitas mail merge. Data pada tabel akan dipanggil di tabel yang telah disiapkan, sehingga penerima undangan untuk dicetak di label otomatis mucul secara bergantian.

Operator computer melakukannya sebagai berikut:

Insert Merge Fields

Perhatikan gambar dibawah ini.
Insert Merge Fields data undangan
Insert Merge Fields data undangan
Pastikan kursor berada pada cell pertama atau kotak tabel paling kiri atas, klik icon Insert Merge Fields maka muncullah jendela Insert Merge Field.
pengaturan word field
Pengaturan word field
Pilih Nama lalu klik tombol Insert, dan di cell pertama akan nampak Nama didalam kurung.
Lanjutkan dengan menekan Enter agar kursor berada pada baris paragraf berikutnya.
Klik icon Insert Word Field, pilih If...Then...Else...
pengaturan insert word field agar data menampilkan list berikutnya
Pengaturan insert word field agar data menampilkan list berikutnya
dan ditampilkan form untuk pembuatan logika Insert Field Word: IF. Pada Field Name: pilih Nama, pada Comparison: pilih is not blank, pada kotak Insert this text: ketik di lalu klik OK.
insert word field pada tabel label
Insert word field pada tabel label
Maksud dari pembuatan logika If ini adalah jika field nama tidak kosong maka tampilkan kata "di" jika kosong maka di tidak ditampilkan.
Tekan Enter agar kursor ke paragraf berikutnya lalu klik icon Insert Merge Field, pilih Alamat selanjutnya klik Insert kemudian Close.
Lakukan select atau sorot Nama sampai dengan Alamat didalam kurung lalu Copy (Ctrl+C). Paste (ctrl+v) pada cell berikutnya setelah "<<Next Record>>" di dalam kurung, lakukan sampai dengan cell terakhir. Dalam kondisi tertentu mungkin "<>" ini belum ada, untuk meng-insert-nya klik Insert Word Field lalu pilih Next Record.

view merge data, undangan langsung muncul di label
View merge data, undangan langsung muncul di label
Kita dapat melakukan pengaturan format font, perataan, paragraph dan lainnya dengan select seluruh tabel terlebih dahulu. Pada prinsipnya perlakuan pengaturan sama dengan tabel biasa di Ms Word.
Klik icon View Merge Data dan akan tampaklah data undangan kita secara berurutan pada label.

Silahkan Save pekerjaannya.

Dan bagaimanakah cara mencetaknya?
Print data undangan pada label dengan mail merge


Referensi: Office 2003 - Microsoft Office

Comments

  1. trimakasih atas tipsnya!

    sangat berguna sekali artikelnya!

    terus berkreasi untuk kemajuan bangsa!

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya say "hai", Insya Allah dijawab semampunya. iOu! akan sangat menghargainya...

Popular posts from this blog

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Cara Cepat Menghapus dan Menambah Baris atau Kolom di Tabel Excel 2016

Menghapus dan menambah (menyisipkan) baris atau kolom tabel Excel mudah. Bagi operator computer pastinya sering melakukan ini ketika membuat buku kerja. Sebenarnya ada cara yang sangat cepat untuk melakukan itu.

Baris adalah rentang sel (cell) horizontal, sedangkan kolom adalah rentang sel vetikal. Sel dalam Excel adalah kotak pertemuan dari baris dan kolom. Jika belum memahaminya silahkan buka tutorial tentang Apa Yang Disebut Sel (Cell) Di Excel 2016.

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Mengatur Spasi Dalam Paragraf HTML

iOu! banyak menemukan tutorial cara penulisan paragraf (parapraph) dalam HTML hanya membahas cara membuat paragrap yang dimulai dengan tag <p> dan diakhiri dengan </p>, dan jika ingin membuat garis baru tanpa paragraf bisa menggunakan "break" dengan tag <br />.

Namun pertanyaannya bagaimana cara membuat spasi antar baris dalam satu paragraf?

Mengatur Spasi Paragraf HTML Gunakan atribut style="line-height: dengan nilai menggunakan satuan em, px atau %;"dalam paragrapraf, contohnya:

Cara Membuat Variasi Halaman dengan Page Breaks dalam Dokumen Word 2016

Membuat variasi halaman dalam satu file dokumen sangat dimungkinkan dalam Word. Halaman dapat berbeda orientasi, berbeda ukuran margin, bahkan berbeda nomor halaman. Bermanfaat untuk membuat multi desain halaman. Pengaturan variasi halaman ini memanfaatkan fasilitas fitur Page Breaks dan Section Breaks (pemutus atau pemecah halaman).

Ada beberapa pilihan dalam pengaturan page break dan section break. Aplikasi yang digunakan adalah Word 2016, dapat diterapkan juga di versi Word sebelumnya. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah penggunaan perintah menu dari tab Layout> group Page Setup>Breaks.
Layout BreaksPage Breaks
PageColumnText WrappingSection Breaks
Next PageContinuousEven PageOdd Page
Menggunakan Perintah Menu Page Breaks Perintah yang sama menu Insert, Page Break dan Page untuk membuat halaman baru
Jika menggunakan tombol Page Break yang di tab Insert> group Pages> Page Break, fungsinya untuk membuat halaman baru. Hal ini sama dengan ketika menggunakan tombol menu