Skip to main content

Membuat Label Undangan di Ms Word dengan Data dari MS Excel

Cara memanfaatkan fasilitas Mail Merge. Untuk membuat label undangan di MS Word dengan mmenggabungkan data dari MS Excel. Mencetak label undangan jadi mudah dan cepat. Tanpa harus mengetik penerima undangan satu per satu langsung di label. 

Sebelumnya operator computer membuat label dan data list undangan secara langsung di Ms Word. Data list undangan tersebut sebetulnya tersimpan secara default dalam bentuk file Ms Access. Tapi, bagaimana jika kita telah memiliki data list dalam bentuk tabel file Excel?. Apakah harus dimasukkan kembali ke data list dengan mengetiknya lagi?.

Jawabannya, tidak perlu!. Lebih baik kita gabungkan saja data file Ms Excel tersebut ke Ms Word. Gunakan fasilitas Mail Merge. (Ssstttt, operator computer bisikin ya, sebetulnya ini berlaku juga untuk data tabel yang dibikin di Ms Word. Amazing!). Menggabungkan data Excel dengan mail merge Word, dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Mail Merge Data Excel untuk Membuat Label Undangan di Word

Tutorial ini menggunakan aplikasi Microsoft Office Word dan Excel 2003.

Diasumsikan kita telah memiliki tabel data list undangan di Ms Excel. Nama file-nya 'data undangan.xls'. Disimpan di My Documents, dengan format header di cell A1 Nama dan cell B1 Alamat. Seperti gambar berikut:
8-mail-merge-data-xls

Pada row atau baris kedua dan seterusnya adalah data list undangan yang telah diketik. Diasumsikan pula kita telah memiliki format label dan ukurannya sudah pas dengan lembaran label undangan yang kita miliki.

Membuka mail merge

Buka file label undangan tersebut, klik menu Tools > Letters and Mailings > Mail Merge. Di sebelah kanan jendela Ms Word akan muncul pane Mail Merge.
Gambar Membuka Mail Merge

Pada langkah Step 3 of 6 bagian Use an existing list klik Select a different list….
Gambar Select-different-mail-merge-data-xls

Pilh file Excel data undangan  

Cari file Ms Excel yang berisi data list undangan yang telah kita buat sebelumnya. Klik di bagian dropdown Look in:. Misalnya, di My Documents/data undangan.xls. Setelah dipilih, lalu klik tombol Open.
Gambar Browse data mail merge
Memilih data Excel untuk label undangan

Pilih wordsheet dan data undangan

Munculah kotak dialog Select Table. Pada tabel ini bisa dilakukan langsung klik OK. Karena tabel yang telah bikin berada di Sheet1 langsung terpilih. Dan berisi First row of data contains column headers. Maksudnya, baris pertama pada worksheet tabel undangan dijadikan sebagai kepala tabel/ table header, telah tercontreng secara default. Jika tabel data list undangan berada di worksheet yang lain pilih sheet tersebut. Klik OK.
Gambar Pilih Worsheet data Excel untuk mail merge

Berikutnya muncul kotak list penerima undangan yang telah kita ketik di Ms Excel tersebut. Kita bisa memilih beberapa penerima saja, Catanya dengan membuka dan mencontreng di sebelah kiri nama penerima undangan. Jika sudah merasa cukup klik OK.
Gambar Pilih data peneriama undangan

Kini data tersebut telah bergabung dan dapat dilihat di Word. Selesailah langkah cara membuat lebel undangan di Word dengan data dari Excel. Tinggal manfaatkan saja fasiltias mail merge.

Setelah membuat lebel undangan di Word dengan menghubungkan data dari Excel, pekerjaan lanjutnya adalah menggabungkan data list undangan dengan format label lalu mencetaknya (print).

Caranya ada di sini:

Menggabungkan Data List Undangan dengan Label di Ms Word
Print Data Undangan pada Label dengan Mail Merge

Semoga bermanfaat.

Sumber referensi: https://support.office.com/

Bukan maksud menggurui tapi hanya berbagi pengalaman.

Comments

Post a Comment

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya say "hai", Insya Allah dijawab semampunya. iOu! akan sangat menghargainya...

Popular posts from this blog

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.