Langsung ke konten utama

Membuat Data List Undangan pada Mail Merge

Memanfaatkan Mail Merge untuk membuat data list undangan. Membuat label undangan di Ms Word mudah saja. Tinggal buka format label yang telah diatur. Lalu kita ketik nama dan alamat undangan di kotak label yang telah diset.

Tapi bagaimana jika undangan itu lebih dari 500 orang bahkan 1000 orang lebih?. Wah... bisa jadi memakan waktu lama bahkan mungkin berhari-hari. Harus dibuat data list undangan terlebih dahulu berupa database.

Tahukah Anda, kita bisa membuat database list undangan dalam hitungan jam bahkan menit. Gunakanlah fasilitas database mail merge. Berikut ini langkah-langkahya:

Membuat List Data Undangan Menggunakan Mail Merge


Dalam tutorial ini digunakan Microsoft Office Word 2003.

Diasumsikan kita telah membuat file setting format label yang sesuai dengan label yang dipunyai. Cara ini telah disampaikan pada posting sebelumnya, Membuat Tabel Label Undangan di MS Word. Sebagai contoh, file format tabel untuk label telah dibuat dan disimpan di My Documents.

Membuka Menu Mail Merge

Pada jendela MS Word yang telah terbuka. Klik menu Tools > Letters and Mailings > Mail Merge. Maka di sebelah kanan akan muncul pane Mail Merge.

Gambar Membuka menu Mail Merge

Langkah membuat database di pane mail merge

Pilih radio button Labels pada Select document type. Lalu klik Next: Starting document pada Step 1 of 6 yang berada dibagian bawah pane.

Gambar Pane Mail Merge

Langkah selanjutnya. Pilih radio button Change document layout pada Select starting document. Di bagian bawah klik Label Options....

Gambar Label Options

Pilih salah satu file dokumen label yang telah tersedia. Misalkan, telah dibuat sebelumnya, contoh "label 103". Jika file tersebut tidak disimpan di My Document, silahkan browse dengan melakukan double klik pada (More Files...). Klik OK.

Gambar pilih file label

Lanjutkan dengan klik Next: Select recipients pada Step 2 of 6.

Gambar Next: Select Recipients

Karena kita belum punya database penerima undangan, maka kita harus membuatnya terlebih dahulu. Dimulai dengan pilih radio button Type a new list dan klik Create...

Gambar Create new recipients list

Membuat Form Data untuk List Label Undangan


Form data sebetulnya sudah tersedia. Namun kita akan membuat sesuai dengan kebutuhan. Yaitu hanya Nama dan Alamat, untuk itu klik tombol Customize...

Gambar Form New address list

Hapus field pada form yang telah tersedia 

Pada jendela Customize address list klik tombol Delete lalu klik Yes. Terus lakukan hal yang sama sampai semua field yang ada habis.

Gambar Delete field zddress form

Membuat field baru sesuai kebutuhan

Langkah selanjutnya membuat field baru "Nama". Klik tombol Add.... Ketik Nama pada kotak yang tersedia lalu klik OK. Ulangi untuk membuat field Alamat. Jika sudah klik tombol OK.

Gambar Membuat field baru

Entry data untuk label undangan

Masukkan nama dan alamat pada field yang tersedia. Jika ingin menambah, klik tombol New Entry. Klik tombol Close untuk menyudahi entry data.



Simpan dengan nama file apa saja. Misalkan "data undangan" kemudian klik tombol Save.

Kini kita telah mempunyai database list penerima undangan untuk digabungkan ke dalam mail merge. Lalu, bagaimanakah cara menggabungkan data undangan dengan lebel yang telah tersedia? Silahkan ikuti tutorialnya dengan klik artikel yang berikut ini: Menggabungkan Data List Undangan dengan Label

Sumber referensi: https://support.office.com/

Komentar

Posting Komentar

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya say "hai", Insya Allah dijawab semampunya. iOu! akan sangat menghargainya...

Postingan populer dari blog ini

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it… 1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung. Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter . Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya. Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010. Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam. Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010? Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Mengatur Spasi Dalam Paragraf HTML

iOu! banyak menemukan tutorial cara penulisan paragraf (parapraph) dalam HTML hanya membahas cara membuat paragrap yang dimulai dengan tag <p> dan diakhiri dengan </p>, dan jika ingin membuat garis baru tanpa paragraf bisa menggunakan "break" dengan tag <br />. Namun pertanyaannya bagaimana cara membuat spasi antar baris dalam satu paragraf? Mengatur Spasi Paragraf HTML Gunakan atribut style="line-height: dengan nilai menggunakan satuan em , px atau % ;" dalam paragrapraf, contohnya:

Cara Membuat Variasi Halaman dengan Page Breaks dalam Dokumen Word 2016

Membuat variasi halaman dalam satu file dokumen sangat dimungkinkan dalam Word. Halaman dapat berbeda orientasi, berbeda ukuran margin, bahkan berbeda nomor halaman. Bermanfaat untuk membuat multi desain halaman. Pengaturan variasi halaman ini memanfaatkan fasilitas fitur Page Breaks dan Section Breaks (pemutus atau pemecah halaman). Ada beberapa pilihan dalam pengaturan page break dan section break. Aplikasi yang digunakan adalah Word 2016, dapat diterapkan juga di versi Word sebelumnya. Yang akan dibahas dalam artikel ini adalah penggunaan perintah menu dari tab Layout > group Page Setup > Breaks . Layout Breaks Page Breaks Page Column Text Wrapping Section Breaks Next Page Continuous Even Page Odd Page Menggunakan Perintah Menu Page Breaks Perintah menu Layout, Breaks, Page Breaks Perintah yang sama menu Insert, Page Break dan Page untuk membuat halaman baru Perintah Page Breaks, Page Jika menggunakan tombol Page Break yang di tab In