Skip to main content

Langkah Mudah Install WampServer di Komputer Offline

Install WampServer untuk merancang website CMS Joomla di komputer secara offline.
Sebelum meng-install Joomla kita harus meng-install WampServer terlebih dahulu. Bila belum memiliki installer WampServer download terlebih dahulu di www.wampserver.com.

Installer yang Iou dapatkan adalah WampServer2. Cara meng-install-nya Iou melakukannya sebagai berikut:

Langkah Install WampServer 


Double klik file installer WampServer 2. Maka akan muncul jendela pertama instalasi. Klik tombol Next.
1-wamp-install

Jendela berikutya adalah Licensee Agreement. Pilih radio button I accept the agreement, lalu klik tombol Next.
2-wamp-install

Pada jendela Select Destination Location ketik c:\wamp artinya folder instalasi yang dipilih di drive C: pada folder wamp, Folder ini akan terinstall secara otomatis. Klik Next dan pada jendela Select Additional Tasks. Centang Create a Desktop icon dan pastikan tidak tercentang Create Quick Launch icon. Anda bisa mencentang keduanya atau salah satu. Lanjutkan dengan klik tombol  Next, lalu klik tombol Install.
3-wamp-install

Proses instalasi telah selesai, Klik tombol Finish. Karena Launch WampServer 2 now dalam posisi tecentang, maka WampSever akan langsung dijalankan.
6-wamp-install

Lihat pada taskbar di sebelah kanan bawah komputer. Terdapat icon WampServer namun masih dalam kondisi Offline.
7-wamp-setting

Klik icon tersebut. Maka akan muncul menu popup setting WampServer. Lalu klik Put Online.
8-wamp-setting 

WampServer kini telah Online dan siap untuk meng-install Joomla.
9-wampserver-online

Setelah install WampServer di komputer offline, berarti kita telah memiliki server untuk website secara virtual. Tidak perlu internet untuk menginstall Joomla, di komputer offline. Joomla offlini ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan perancangan website.

Jika belum memilki paket Joomla dapat download di www.joomla.org.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Print Halaman Terpilih di MS Word 2010

Mencetak hanya halaman terpilih saja di MS Word 2010 dengan pilihan Print Current Page, Print Selection dan Print Custom Range.

Secara default settings seleksi halaman untuk dicetak pada Word 2010 adalah Print All Pages. Ini berarti mencetak seluruh halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Tapi kadang kita membutuhkan pencetakan hanya pada satu atau beberapa halaman tertentu saja. Jadi yang akan dilakukan adalah Print Halaman Terpilih di MS Word 2010.

Ketika akan mencetak sebaiknya melakukan pratinjau atau print preview terlebih dahulu untuk melihat tampilan dokumen yang akan dicetak. Pada versi sebelumnya menu print preview merupakan menu yang terpisah. MS Word 2003, menu File>>Print Preview, MS Word 2007 klik logo berbetuk bulat di kiri atas lalu klik Print Preview. Di MS Word 2010 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print. Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2.
Bagaiamanakah cara…

Cara Cepat Meratakan Ketikan MS Word dengan Format Tab

Mengatur letak tab untuk meratakan ketikan di MS Word 2010 hanya dengan mengklik bagian penggaris memanjang atau ruler horizontal.

Cara cepat meratakan ketikan dengan format tab ini berlaku juga di MS Word 2003, MS Word 2007 dan MS Word 2010. Dalam tutorial ini iOu! mengerjakannya menggunakan MS Word 2010.

Untuk apa mengatur format tab? Format tab berguna untuk meratakan jarak spasi antar kata tertentu dengan kata berikutnya. Jika tombol keyboard tab ditekan maka kursor akan bergerak (loncat) pada letak symbol tab. Dan pada baris berikutnya akan ditemukan hal yang sama sehingga jarak spasi akan rata. Setting format tab biasanya dilakukan pada pengetikan membuat daftar isi dengan format tab. Atau mengetik titik dua sejajar untuk keterangan waktu dan tempat pelaksanaan suatu acara dalam surat undangan, atau biodata pada sebuah surat keterangan.