Skip to main content

Contoh Menggunakan Fungsi "IF" Sederhana pada Tabel Kelulusan Siswa di Excel

Agar dapat menggunakan rumus formula fungsi "If" di Microsoft Office Excel, sebaiknya kita pahami dan terlebih dulu mengenal formula fungsi "If" tersebut. Manfaat formula ini untuk membuat rumus otomatis pada sel tertentu. Tujuannya adalah mempermudah pekerjaan tabel data secara otomatis.

Fungsi "IF" berguna untuk membuat suatu pernyataan logika. Pada prinsipnnya pernyataan fungsi if MS Excel tersebut memiliki rumus sebagai berikut:

Pernyataan, nilai jika benar, nilai jika salah. Contoh: Jika pernyataan bernilai X, maka benar. Jika bukan X, maka salah.

Contoh Menggunakan Fungsi "If" di Excel

Misalkan, penilaian hasil ujian siswa pada suatu mata pelajaran. Kita menentukan batas limit terkecil nilai untuk kelulusan siswa adalah 60. Jika ada siswa yang nilainya kurang dari 60 maka tidak lulus.

Cara mengerjakan penilaian di MS Excel ini, operator computer bisa menggunakan rumus formula fungsi if. Langkah pengaturannya, sebagai berikut:

Buatlah tabel daftar nilai siswa

Pertama, membuat tabel daftar nama siswa berisikan nilai yang diraih oleh masing-masing. Sebagai contoh, tabel terdiri dari kolom nomor, nama, jumlah nilai, dan keterangan. Pada kolom keterangan kita akan mengisi dengan pernyataan 'lulus' atau 'tidak lulus'.
Logika yang digunakan seperti ini: 'Jika nilai siswa lebih dari 60 berarti siswa lulus, namun bila kurang maka tidak lulus'.
Gambar Contoh tabel menggunakan fungsi If
Contoh tabel daftar bilai siswa

Mengatur formula fungsi If pada tabel

  1. Rumus formula Fungsi If akan digunakan di cell D2 sampai dengan D9. Letakkan kursor di cell D2. Kemudian klik menu Insert, pilih Function... (fx). Gambar menu pengaturan formula fungsi If
  2. Selanjutnya akan tampil kota dialog Insert Function. Pada kotak Select a Function:, pilih IF lalu klik OKkotak dialog function arguments
  3. Muncullah kotak dialog Function Arguments. Disini, kita bisa mengargumentasikan fungsi logika yang akan dibuat. Secara default kursor akan berada di kotak isian Logical_test. Klik cell C2 atau dapat juga diketik langsung di kotak isian Logical_test tersebut C2. Selanjutnya ketik tanda lebih dari dan angka 60 (">60"). Jadi hasilnya "C2>60". Maksudnya adalah sebuah pernyataan "Jika C2 lebih dari 60".
  4. Pindahkan kursor atau tekan tombol Tab untuk berpindah ke kotak di bawahnya. Yaitu kotak isian Value_if_true:, ketik dengan kata "LULUS". Selanjutnya tekan tombol Tab atau klik di kotak isian dibawahnya lagi. Yaitu di Value_if_false:, ketik kata "TIDAK LULUS".
  5. Perhatikan kotak Formula Bar yang berada di bagian atas. Tertulis =IF(C2>60;"LULUS";"TIDAK LULUS"). Sebenarnya kita bisa langsung menuliskan rumus tersebut pada kotak Formula Bar dengan rumus tersebut.
  6. Formula tersebut dapat dibaca sebagai berikut: Jika C2 lebih dari 60 maka tulis "lulus", jika tidak (kurang dari enam puluh) maka "tidak lulus".
  7. Akhiri dengan mengklik tombol OK.

Copy rumus formula fungsi If

Langkah selanjutnya. Letakkan kursor di cell D2, lalu klik dan tahan bagian ujung bawah kanan cell D2. Terus tahan dan tarik ke bawah sampai ke cell D9. Atau bisa dilakukan dengan cara meng-copy cell D2 (shortcut Ctrl+C) lalu paste (shortcut Ctrl+V) di cell D3 sampai dengan D9.

Gambar copy cell fungsi If

Hasil Rumus Formula Fungsi If

Dan lihatlah hasil rumus formula fungsi If di Microsoft Office Excel. Pada column D mulai dari cell D2 sampai D9, secara otomatis memberikan keterangan Lulus atau Tidak Lulus. Pernyataan tersebut, berdasarkan nilai yang berada di kolom Nilai (C), dinyatakan di kolom Keterangan (D).
Coba Anda edit atau ganti angka di kolom C (Jumlah Nilai). Maka keterangan di kolom D (Keterangan) akan menyesuaikan dengan rumus formula fungsi If yang telah kita buat tadi.
Masih banyak rumus-rumus fungsi Microsoft Office Excel lain yang bermanfaat untuk pekerjaan sehari-hari. Diantara fungsi Average untuk mencari nilai rata-rata, fungsi Round untuk pembulatan, dan lain-lain. Cobalah bereksperimen dengan formula rumus-rumus fungsitersebut. Mungkin rumus-rumus fungsi Microsoft Office Excel tersebut akan iOu! bahas pada posting yang akan datang.
Semoga bermanfaat.Selamat mencoba.


Sumber referensi: https://support.office.com/



Comments

Post a Comment

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya say "hai", Insya Allah dijawab semampunya. iOu! akan sangat menghargainya...

Popular posts from this blog

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?