Skip to main content

Cara Melindungi File Dokumen Office Word dengan Password

Cara Melindungi File Dokumen Office Word dengan PasswordLindungan file Word Anda dengan Password. File Microsoft Office Word yang kita miliki kadang merupakan file yang sangat penting, bahkan rahasia. Namanya juga file rahasia, tidak boleh seorang pun yang boleh membuka. Apalagi membaca dan mengeditnya kecuali atas seizin kita sebagai pemiliknya.

Lalu bagaimana agar file tersebut tidak bisa dibuka oleh orang lain?
Tentu kita harus melakukan protect atau perlindungan terhadap file tersebut. Cara yang mudah dan biasa dilakukan adalah dengan memasang password. Tidak membutuhkan aplikasi khusus untuk memberi password pada file dokumen Word. Operator computer dapat memprotek file dengan memanfaatkan tools security yang telah disediakan.


Berikut ini contoh cara membuat password (kata sandi) pada file dokumen


Melindungi File Word dengan password

Cara membuat password pada file dokumen Microsoft Office Word 2016

  1. Klik menu tab ribbon File.
  2. Klik menu Info.
  3. Klik kotak menu Protect Document.
  4. menu password pada microsoft office word 2016
    Menu perintah password pada Microsoft Office Word 2016
  5. Pada menu drop-down klik Encrypt with Password
  6. jendela kotak dialog encrypt document untuk masukkan password (kata sandi)
    Jendela kotak dialog Encrypt Document untuk masukkan Password (kata sandi)
  7. Muncul jendela kotak dialog Encrypt Document, pada kotak Password: ketik kata sandi yang diinginkan, lalu klik tombol OK
  8. Muncul jendela dialog Confirm Password, pada kotak Reenter Password: masukkan kembali kata sandi yang sama, lalu klik OK.
Perhatian: Jika Anda kehilangan atau lupa kata sandi (password), itu tidak dapat dipulihkan. Dianjurkan untuk menyimpan daftar kata sandi dan nama dokumen yang sesuai di tempat aman. Ingat bahwa kata sandi bersifat case-sensitive.

Cara membuat password pada file dokumen Microsoft Office Word 2003


  1. Buka terlebih dahulu file yang ingin anda protect.
  2. Pada Menu Bar klik Tools > OptionsGambar Menu Tools, Options pada Word
  3. Lalu pilih Tab Security. Masukkan password yang diinginkan pada kotak isian Password to open: (proteksi buka file). Dan ulangi pengisian password pada kotak isian Password to modify: (proteksi modifikasi file). Lanjutkan konfirmasi dengan klik tombol OKkotak dialog options security untuk memasukkan password agar file aman dengan diprotect
  4. Selanjutkan akan muncul kotak dialog Confirm Password. Isikan kembali password Anda (password harus sama dengan yang sebelumnya). Pada kota isian Reenter password to open: lalu klik OKReenter password to open
  5. Confirm Password yang kedua akan muncul. Kembali masukkan password pada kota isian Reenter password to modify: lalu klik OKReenter password to modify
  6. Untuk mengakhiri silahkan simpan file (cara cepat menggunakan Ctrl + S).
  7. Untuk mencobanya, bukalah file yang telah kita protect. Saat file tersebut dibuka maka file tersebut tidak langsung terbuka. Namun akan muncul kotak dialog untuk memasukkan password. Ketik password file Anda, lalu klik OK.kotak dialog untuk membuka password
  8. Masukkan kembali password untuk konfirmasi lalu klik OKMasukkan kembali password untuk konfirmasi
  9. Selamat anda telah memiliki file yang terlindungi.

Jangan ambil resiko jika tidak ingin isi file Anda dilihat oleh orang lain. Segeralah lindungi file Word Anda dengan password. Jika mendapatkan kesulitan atau ada pertanyaan yang dingin disampaikan, atau sekedar basa basi saja, silahkan dimasukkan pada komentar di bawah.

Sumber referensi: https://support.office.com/

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Print Halaman Terpilih di MS Word 2010

Mencetak hanya halaman terpilih saja di MS Word 2010 dengan pilihan Print Current Page, Print Selection dan Print Custom Range.

Secara default settings seleksi halaman untuk dicetak pada Word 2010 adalah Print All Pages. Ini berarti mencetak seluruh halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Tapi kadang kita membutuhkan pencetakan hanya pada satu atau beberapa halaman tertentu saja. Jadi yang akan dilakukan adalah Print Halaman Terpilih di MS Word 2010.

Ketika akan mencetak sebaiknya melakukan pratinjau atau print preview terlebih dahulu untuk melihat tampilan dokumen yang akan dicetak. Pada versi sebelumnya menu print preview merupakan menu yang terpisah. MS Word 2003, menu File>>Print Preview, MS Word 2007 klik logo berbetuk bulat di kiri atas lalu klik Print Preview. Di MS Word 2010 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print. Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2.
Bagaiamanakah cara…

Cara Cepat Meratakan Ketikan MS Word dengan Format Tab

Mengatur letak tab untuk meratakan ketikan di MS Word 2010 hanya dengan mengklik bagian penggaris memanjang atau ruler horizontal.

Cara cepat meratakan ketikan dengan format tab ini berlaku juga di MS Word 2003, MS Word 2007 dan MS Word 2010. Dalam tutorial ini iOu! mengerjakannya menggunakan MS Word 2010.

Untuk apa mengatur format tab? Format tab berguna untuk meratakan jarak spasi antar kata tertentu dengan kata berikutnya. Jika tombol keyboard tab ditekan maka kursor akan bergerak (loncat) pada letak symbol tab. Dan pada baris berikutnya akan ditemukan hal yang sama sehingga jarak spasi akan rata. Setting format tab biasanya dilakukan pada pengetikan membuat daftar isi dengan format tab. Atau mengetik titik dua sejajar untuk keterangan waktu dan tempat pelaksanaan suatu acara dalam surat undangan, atau biodata pada sebuah surat keterangan.