Skip to main content

Keyboard shortcuts untuk Gambar Objek dan Objek Lainnya di Microsoft Office Word

Keyboard Shortcuts
Keyboard shortcuts untuk Gambar Objek dan Objek Lainnya di Microsoft Office Word, bukanlah yang sering digunkan. Kebanyakan operator computer menggambar objek dengan menggunakan mouse. Namun, mungkin dalam keadaan tertentu membutuhkan bantuan peranan keyboard shortcut guna mempercepat pekerjaan.

Berikut ini keyboard shortcut yang dapat digunakan untuk pemintas dalam menggambar objek dan objek lainnya dalam halaman dokumen Word.



Memasukkan dan mengedit objek

Masukkan objek dengan menggunakan keyboard.

  1. Gunakan keyboard untuk membuka kotak dialog Object (Sisipkan menu).
  2. Gunakan tombol panah bawah untuk memilih objek, dan lalu tab ke OK, dan tekan ENTER.


Edit objek dengan menggunakan keyboard.


  1. Dengan titik penyisipan di sebelah kiri objek di dokumen Anda, pilih objek dengan menekan SHIFT + RIGHT ARROW.
  2. Tekan SHIFT + F10.
  3. Tab ke Objek nama Objek, tekan ENTER, kemudian tekan ENTER lagi.


Memasukkan dan memilih objek gambar

Masukkan Bentukotomatis dengan menggunakan keyboard.
  1. Gunakan keyboard untuk menampilkan toolbar Gambar jika tidak ditampilkan.
  2. Tekan ALT + U untuk memilih AutoShape pada toolbar Drawing.
  3. Gunakan tombol panah untuk bergerak melalui kategori Bentukotomatis dan pilih Bentukotomatis yang Anda inginkan.
  4. Tekan CTRL + ENTER.

Catatan Untuk mengedit Bentukotomatis, pilih Bentukotomatis, lalu gunakan keyboard untuk memilih AutoShape pada menu Format. Pilih opsi yang Anda inginkan pada tab yang tersedia.

Masukkan kotak teks dengan menggunakan keyboard


  1. Gunakan keyboard untuk memilih Kotak Teks pada menu Sisipkan.
  2. Gunakan tombol panah kanan untuk membuka submenu, pilih Horizontal atau Vertikal, lalu tekan CTRL + ENTER.
  3. Ketikkan teks yang Anda inginkan dalam kotak teks.
  4. Setelah selesai mengetik dan ingin kembali ke mengedit teks di dokumen Anda, tekan SHIFT + F10, pilih Keluar Edit Teks pada menu pintasan, kemudian tekan ESC.

Catatan Untuk memformat kotak teks (tambahkan warna isian atau ubah ukuran, misalnya), pilih kotak teks, pilih Kotak Teks pada menu Format, lalu pilih opsi yang Anda inginkan pada tab yang tersedia.

Masukkan objek gambar WordArt dengan menggunakan keyboard


  1. Gunakan keyboard untuk memilih WordArt (menu Sisipkan, submenu Gambar).
  2. Gunakan tombol panah untuk memilih gaya WordArt yang Anda inginkan, dan kemudian tekan ENTER.
  3. Ketikkan teks yang Anda inginkan, lalu gunakan tombol TAB untuk memilih opsi lain di kotak dialog.
  4. Tekan ENTER untuk memasukkan objek gambar WordArt.

Catatan Untuk mengedit objek gambar WordArt, pilih objek, pilih WordArt pada menu Format, lalu pilih opsi yang Anda inginkan pada tab yang tersedia.

Pilih objek gambar dengan menggunakan keyboard

Jika titik penyisipan ada dalam teks di dokumen Anda, lakukan hal berikut:

  1. Tekan F10 untuk membuat bilah menu aktif.
  2. Tekan CTRL + TAB hingga toolbar Menggambar aktif.
  3. Tekan tombol RIGHT ARROW untuk memilih Select Objects.
  4. Tekan CTRL + ENTER untuk memilih objek gambar pertama.
  5. Tekan tombol TAB untuk memutar ke depan (atau SHIFT + TAB ke siklus mundur) melalui objek hingga ukuran gagang muncul pada objek yang ingin Anda pilih.

Jika titik penyisipan ada dalam teks dalam objek gambar, lakukan hal berikut:

  1. Tekan SHIFT + F10, lalu gunakan keyboard untuk memilih Exit Edit Text pada menu pintasan.
  2. Tekan tombol TAB untuk memutar ke depan (atau SHIFT + TAB ke siklus mundur) melalui objek hingga ukuran gagang muncul pada objek yang ingin Anda pilih.

Catatan Untuk beralih dari memilih objek kembali ke mengedit teks dalam dokumen Anda, tekan ESC.
Contoh pekerjaan yang melibatkan gambar dan objek dapat dilihat dalam artikel cara membuat text gi dalam Shapes Microsoft Office. Atau contoh trik cara cepat memasukkan file gambar atau picture ke halaman Word. Contoh objek lainnya yang dimaksud dapat berbentuk objek yang dimasukkan dari aplikasi lain seperti pada artikel cara menghadirkan tabel Excel di Microsoft Office Word 2007.

Keyboard shortcuts untuk Gambar Objek dan Objek Lainnya di Microsoft Office Word, berhubungan pula dengan shortcut lainnya. Diantaranya keyboard shortcuts untuk Open, Save As, dan Insert Picture dialog boxes Microsoft Office Word. Atau mungkin juga dengan artikel Keyboard shortcuts untuk Mengedit dan Memindahkan Teks serta Grafik Microsoft Office Word.

Source: Microsoft

Comments

Popular posts from this blog

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Cara Cepat Meratakan Ketikan MS Word dengan Format Tab

Mengatur letak tab untuk meratakan ketikan di MS Word 2010 hanya dengan mengklik bagian penggaris memanjang atau ruler horizontal.

Cara cepat meratakan ketikan dengan format tab ini berlaku juga di MS Word 2003, MS Word 2007 dan MS Word 2010. Dalam tutorial ini iOu! mengerjakannya menggunakan MS Word 2010.

Untuk apa mengatur format tab? Format tab berguna untuk meratakan jarak spasi antar kata tertentu dengan kata berikutnya. Jika tombol keyboard tab ditekan maka kursor akan bergerak (loncat) pada letak symbol tab. Dan pada baris berikutnya akan ditemukan hal yang sama sehingga jarak spasi akan rata. Setting format tab biasanya dilakukan pada pengetikan membuat daftar isi dengan format tab. Atau mengetik titik dua sejajar untuk keterangan waktu dan tempat pelaksanaan suatu acara dalam surat undangan, atau biodata pada sebuah surat keterangan.

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Print Halaman Terpilih di MS Word 2010

Mencetak hanya halaman terpilih saja di MS Word 2010 dengan pilihan Print Current Page, Print Selection dan Print Custom Range.

Secara default settings seleksi halaman untuk dicetak pada Word 2010 adalah Print All Pages. Ini berarti mencetak seluruh halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Tapi kadang kita membutuhkan pencetakan hanya pada satu atau beberapa halaman tertentu saja. Jadi yang akan dilakukan adalah Print Halaman Terpilih di MS Word 2010.

Ketika akan mencetak sebaiknya melakukan pratinjau atau print preview terlebih dahulu untuk melihat tampilan dokumen yang akan dicetak. Pada versi sebelumnya menu print preview merupakan menu yang terpisah. MS Word 2003, menu File>>Print Preview, MS Word 2007 klik logo berbetuk bulat di kiri atas lalu klik Print Preview. Di MS Word 2010 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print. Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2.
Bagaiamanakah cara…