Skip to main content

Keyboard Shortcuts untuk Mengakses Menu and Toolbars Microsofit Office Word

Keyboard Shortcuts Gabungan tombol keyboard merupakan jalan pintas atau shorcut untuk mengakses menu di komputer. Jauh sebelum microsoft menciptakan operating system Windows, komputer bekerja dengan perintah yang diketik dan harus dihapal. Tampilannya hanya berupa rangkaian karakter saja, tampil dengan layar monochrome. Begitupun dengan perintah untuk mengkases menu dilakukan dengan mengetik gabungan tombol keyboard.

Ketika zaman Windows tiba, terjadilah revolusi tampilan antar muka komputer. Di layar tampak sepeti jendela yang mungkin itulah sebabnya diberi nama Windows. Pada masa inilah, terciptanya mouse yang menjadi alat untuk mengoperasikan selain keyboard. System klik menjadi trend baru yang sangat populer dengan operating system Windows.


Setelah terciptanya sistem operasi WIndows, diluncurkan juga aplikasi untuk pekerjaan office, seperti mengetik dengan tampilan yang nyata. Mulailah dikenal dengan istilah klik, serta drag and drop. Hampir semua pekerjaan di komputer bisa menggunakan mouse, termasuk untuk mengakses menu di aplikasi.

Namun demikian, bagi operator computer tingkat mahir, tetap saja menggunakan shortcut keyboard adalah cara yang paling efficient dan effective untuk mempercepat pekerjaan. Dan Windows sangat faham tentang itu. Dalam sistem operasi Windows dan aplikasi yang berjalan di operating system Windows ini disertakan shortcut keyboard. Namun, shortcut keyboard itu, tidak langsung dapat diketuhui, apalagi untuk operator computer pemula.

Keyboard Shortcut untuk mengakses dan menggunakan Menu dan Toolbar

Berikut ini adalah shortcut keyboard dalam aplikasi Microsoft Office Word 2003, untuk mengakses dan menggunakan menu serta toolbar. Sortcut ini sebaian besar masih dapat berlaku untuk versi yang lainnya.

F10 atau ALT
Pilih menu bar, atau membuka, metutup menu dan submenu pada saat yang bersamaan.

CTRL + TAB atau CTRL + SHIFT + TAB
Pilih task pane atau toolbar setelah menekan F10 atau ALT untuk memilih menu bar. Tekan tombol berulang kali untuk memindahkan fokus di antara toolbar yang sedang terbuka, menu bar, dan panel tugas.

TAB atau SHIFT + TAB
Saat toolbar atau menu bar dipilih, untuk memilih tombol atau menu berikutnya atau sebelumnya.

ENTER
Membuka menu terpilih, atau melakukan tindakan untuk tombol atau perintah yang dipilih.

SHIFT + F10
Menampilkan menu pintasan untuk item yang dipilih.

ALT + SPACEBAR
Menampilkan menu pintas title bar.

PANAH BAWAH atau PANAH ATAS
Ketika menu atau submenu terbuka, pilih perintah berikutnya atau sebelumnya.

PANAH KIRI atau PANAH KANAN
Pilih menu ke kiri atau kanan. Ketika sebuah submenu terbuka, beralih antara menu utama dan submenu.

HOME atau END
Pilih perintah pertama atau terakhir pada menu atau submenu.

ESC
Tutup menu yang terbuka. Ketika sebuah submenu terbuka, tutup hanya submenu.

SHIFT + PANAH BAWAH
Buka menu yang dipilih.

CTRL + PANAH BAWAH
Ketika menu yang disingkat terbuka, tampilkan sekumpulan perintah lengkap.

ALT + CTRL + = (tanda sama dengan)
Tambahkan tombol toolbar ke menu. Ketika Anda mengetikkan tombol pintas ini dan kemudian klik tombol toolbar, Microsoft Word menambahkan tombol ke menu yang sesuai. Misalnya, klik Bullet di toolbar Format untuk menambahkan perintah Bullet ke menu Format.

ALT + CTRL + - (dash key)
Hapus perintah dari menu. Ketika Anda mengetikkan tombol pintas ini dan kemudian pilih perintah menu, perintah dihapus. Anda dapat menambahkan perintah menu kembali ke menu jika Anda berubah pikiran.

ALT + CTRL ++ (tombol plus pada keypad numerik)
Sesuaikan tombol shortcut untuk perintah menu. Ketika Anda mengetikkan tombol pintas ini dan kemudian memilih perintah menu, kotak dialog Customize Keyboard terbuka sehingga Anda dapat menambah, mengubah, atau menghapus tombol pintas.

Catatan Anda dapat menggunakan keyboard untuk memilih perintah menu di bilah menu. Tekan ALT untuk memilih bilah menu. Tekan huruf yang digarisbawahi di nama menu yang berisi perintah yang Anda inginkan. Di menu yang muncul, tekan huruf yang digarisbawahi di nama perintah yang Anda inginkan.

Source: Microsoft

Comments

Popular posts from this blog

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.