Skip to main content

Download WampServer dan Joomla untuk Membuat Website Offline

Untuk membuat website menggunakan Joomla, tentu kita harus paham terlebih dahulu bagaimana mengoperasikan joomla. Sebelum install Joomla harus download gulu WampServer dan menginstallnya.

Jika kita mempelajari Joomla langsung di internet banyak kendala. Yang operator computer rasakan diantaranya waktu yang kita sediakan untuk menggunakan internet tidak banyak. Maklum masih memanfaatkan jasa warnet. Belum punya akses internet sendiri. Karena itu kita harus belajar menggunakan komputer lokal atau PC terlebih dahulu.

Seyogyanya Joomla digunakan di internet tetapi dapat juga diinstall di komputer lokal. Dan kita dapat membuat website secara offline (di komputer lokal). Selanjutnya dapat di-upload ke server internet.



Namun Joomla tidak begitu saja terinstall di PC. Harus ada program yang berfungsi sebagai server (simulasi server internet). Yang dibutuhkan adalah Apche, PHP dan MySQL. Untuk itu saya menggunakan WampServer2 sebagai sever lokal agar Joomla dapat terinstall.

Download WampServer


Karena saya belum memiliki software WampServer 2 maka saya mendownloadnya di
www.wampserver.com atau anda bisa klik alamat ini http://www.wampserver.com/en/download.php

Gambar Download WampServer
Lalu klik DOWNLOAD WampServer 2.0h, ini versi terbaru bulan Mei 2009.

Pada halaman berikutnya saya memilih source download mirror. Karena ingin memilih sendiri lokasi sever download.

Gambar Download WampServer di Sourceforge
Awalnya Iou memilih sever dari Waix (Perth, Australia) lalu klik tombol OK. Namun setelah dicoba lambat sekali. Dan bisa dikatakan tidak berhasil mungkin traffic dari server ini sedang sibuk. Lalu mencoba server lain, kali ini National Center for High-Performance Computing (Tainan, Taiwan). 

Hasilnya memuaskan. Proses download berjalan dengan lancar dalam waktu beberapa menit saja. Terdapat 22 server yang disediakan oleh WamServer untuk mendownload. Silahkan memilih yang cocok dengan situasi dan kondisi pada saat men-download.

Gambar Memilih situs download untuk WampServer

Lanjutkan dengan menyimpan file WampServer di komputer anda.

Download Joomla


Saya juga mendownload Joomla versi terbaru yaitu Joomla 1.5.9 di alamat ini
https://downloads.joomla.org/

Gambar Download Joomla
Lalu saya mengklik ZIP dibawah DOWNLOAD pada baris English (UK) 1.5.9 Full Package. Dan menyimpan filenya di komputer lokal.

Setelah download WampServer dan Joomla, lalu bagaimana cara meng-install WampServer? Silahkan ikuti di artikel tetang Intall WampServer2. Untuk menginstall Joomla sangat berbeda dengan WampServer. OK. untuk lebih jelasnya dibahasa dalam artikel Install Joomla di Wamp Server. Lanjutkan dengan Langkah-langkah Install Joomla.

Semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Label Undangan di MS Word 2010

iOu! sebelumnya telah posting tentang membuat label undangan di MS Word 2003 kali ini akan mencoba membuat label undangan di MS Word 2010 dengan cara yang lebih simpel semoga ini dapat bermanfaat. Let’s do it…

1. Membuat Daftar Penerima Undangan Langkah pertama membuat label undangan di MS Word 2010, terlebih dahulu kita buat dulu daftar penerima undangan. Jika pada posting sebelumnya menggabungkan dari data yang sudah ada (dari tabel Word atau Excel) kali ini kita membuat langsung dengan menu yang ada. Data ini berformat Microsoft Access dan untuk membuat serta meng-entry datanya tidak perlu membuka ms access secara langsung.
Buka halaman baru Microsoft Office Word 2010.

Meletakkan Judul Tabel Menjadi Rata Tengah di Microsoft Office Excel 2007

Operator computer | Pada saat membuat sebuah tabel tentu dimulai dengan judul tabel yang biasanya diletakkan di tengah atas tabel. Bila menggunakan Microsoft Office Excel 2007, berarti kita harus membuat judul rata tengah diantara beberapa kolom.

Hal ini pasti semua orang sudah tahu cara mengerjakannya. Operator computer bukan mau memberi tahu tapi hanya mendokumentasikan cara-cara bekerja menggunakan Microsoft Excel 2007. Siapa tahu ada yang lupa caranya, bisa diingatkan dengan posting-an ini.

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sertifikat, Piagam MS Word 2010

Membuat sertifikat dan piagam dengan border atau bingkai elegan dan cantik, otomatis untuk beberapa nama penerima dengan memanfaatkan template dan menggunakan fasilitas mail merge MS Word 2010.

Mengerjakan pembuatan sertifikat dan piagam di MS Word 2010 sangatlah mudah dan cepat. Pada tutorial ini iOu! membagi dua pekerjaan yaitu: Memanfaat template online MS Word 2010 untuk membuat desain sertifikat atau piagam; dan Menggunakan mail merge untuk menggabungkan data penerima sertifikat atau piagam.

Bagaimana cara membuat sertifikat atau piagam dengan template Word 2010?

Download TEMPLATE bingkai, border sertifikat, piagam

Cara Mudah Mengatur Jarak Antar Paragraf di Ms Word

Pada saat kita menulis suatu artikel dengan jarak 1 spasi. Biasanya jarak antar paragrafnya terlihat terlalu rapat. Sehingga sulit membedakan antar paragrafnya dan tulisan kita terlihat penuh serta membosankan. Solusinya, harus memberi jarak antar paragrap dengan satu kali Enter. Baru pada baris berikutnya melanjutkan pada paragrap selanjutnya.

Ada cara yang lebih elegance untuk memberi jarak antar paragraf tersebut. Setiap kali membuat paragraf baru jarak menjadi lebih renggang. Kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Membuat Superscript dan Subscript di MS Word

Superscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal. Sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.

Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450. Contoh lainnya, pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript, misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.
Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi Superscript dan Subscript?