Tuesday, March 6, 2012

Membuat superscript dan subscript di MS Word

Superscript dan SubscriptSuperscript adalah huruf atau angka kecil yang letaknya di bagian atas text normal sedang subscript letaknya di bagian bawah text normal.


Contoh penggunaan superscript biasanya pada pengetikan derajat, misalnya 450 contoh lainnya pengetikan meter persegi atau meter kubik (M2 atau M3). Contoh penggunaan subscript misalnya pada pengetikan rumus kimia seperti H2O atau CO2.

Lalu bagaimana cara membuat huruf dan angka menjadi superscript dan subscript?


Dalam tutorial MS Word ini iOu! Menggunakan MS Word 2010 dan ini merupakan bagian dari format font. Cara membuat huruf atau angka superscript, pilih dahulu huruf atau angka yang akan diubah menjadi superscript lalu di tab menu Home pada group Font klik ikon X2. Sedang untuk membuat subscript klik pada ikon X2.

Agar lebih cepat dapat juga menggunakan shortcut. Untuk superscript gunakan kombinasi keyboard Ctrl+Shift++ (tekan secara bersamaan tobol Ctrl, Shift dan + atau plus), jika pada jenis keyboard numeric cukup tombol Ctrl++  dan untuk subscript gunakan kombinas keyboard Ctrl+= (tekan secara bersamaan tombol Ctrl dan = atau samadengan). Keyboard shorcut ini juga berlaku untuk MS Word 2003 dan MS Word 2007. Bagi operator computer yang sering melakukan pengetikan penggunaan shorcut akan lebih efisien dalam bekerja.

Jika ingin menggunakan format yang sama pada pengetikan berikutnya dapat menggunakan copy format, tutorialnya ada di Cara Cepat Mengatur Paragraf dengan Copy Format MS Word

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

1 comments:

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya memasukkan link ke blog Anda iOu! akan sangat menghargainya...

Langganan artikel via email anda. Gratis!!!

Anda akan menerima kiriman posting terbaru dari blog ini melalui email

Enter your email address: