Thursday, December 1, 2011

Print Halaman Terpilih di MS Word 2010

Mencetak hanya halaman terpilih saja di MS Word 2010 dengan pilihan Print Current Page, Print Selection dan Print Custom Range.
printingSecara default settings seleksi halaman untuk dicetak pada Word 2010 adalah Print All Pages. Ini berarti mencetak seluruh halaman yang terdapat dalam satu dokumen. Tapi kadang kita membutuhkan pencetakan hanya pada satu atau beberapa halaman tertentu saja. Jadi yang akan dilakukan adalah Print Halaman Terpilih di MS Word 2010.
Ketika akan mencetak sebaiknya melakukan pratinjau atau print preview terlebih dahulu untuk melihat tampilan dokumen yang akan dicetak. Pada versi sebelumnya menu print preview merupakan menu yang terpisah, MS Word 2003, menu File>>Print Preview, MS Word 2007 klik logo berbetuk bulat di kiri atas lalu klik Print Preview. Di MS Word 2010 print priview langsung terlihat pada bagian kanan jendela terintegrasi pada menu Print. Jika ingin melalui jalan pintas atau shortcut gunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+F2.

Bagaiamanakah cara print halaman terpilih di MS Word 2010

Cara mengakses menu print MS Word 2010 terdapat di tab menu File>>Print.  Atau bisa menggunakan Shorcut Ctrl+P atau Ctrl+F2. Di bawah bagian Settings terdapat menu pilihan drop down Documents dengan default Print All Pages – Print the entire documents,  klik drop down tersebut maka akan terlihat pilihan lainnya.
Print Current Page – Only Print the current page
Print Current Page
Jika memilih Print Current Page maka halaman yang dicetak adalah halaman yang terlihat pada print preview saja. Halaman ini merupakan halaman dimana cursor mouse kita terletak.
Print Custom Range – Print specific pages or selection to print
print custom range
Mencetak halaman tertentu pada kotak Pages: dengan mamasukkan nomor halaman yang akan dicetak . Pilih Print Custom Range pada pilihan Documents di bagian Settings. Ketik nomor halaman yang akan dicetak, bisa hanya satu halaman saja atau lebih secara acak dipisahkan dengan menggunakan koma. Contoh halaman yang akan dicetak, Pages: 2, 5, 6, 12. Maka halaman yang tercetak adalah halaman 2, 5, 6, 12 saja.
Print Selection – Only print the selection content
Pilihan ini akan aktif ketika kita memilih atau mem-blok bagian tertentu dari dokumen terlebih dahulu maka hanya bagian yang dipilih tersebut yang akan dicetak. Cara ini mirip dengan menggunakan print area di tabel excel, untuk mencoba print area di tabel excel ada di tutorial ini batasi wilayah pencetakan dengan print area.
Jika sudah memilih halaman yang akan dicetak periksa dahulu jenis printer pada bagian pilihan Printer, sesuaikan dengan printer yang sedang digunakan. Sebenarnya mencetak bisa dilakukan tidak hanya menggunakan printer saja tapi juga bisa menetak ke dalam file PDF (hasil cetaknya berbentuk file PDF), jika ingin tahu cara mencetak ke file PDF baca tips ini Cetak Semua Dengan Bullzip PDF Printer.
Posting Print Halaman Terpilih di MS Word 2010 ini tidak bermaksud menggurui karena iOu! yakin sobat-sobat pasti sudah tahu cara ini, hanya saja jika sobat lupa mungkin posting Print Halaman Terpilih di MS Word 2010 bisa membantu.
Semoga bermanfaat.

5 comments:

  1. mau tanya?
    kalo di ms 2007 gmana,
    saya ingin ngeprin 100 halamn,tapi kata temen itu bisa bikin print macet,
    yg mau saya tanya gmana cara ngeprint 100 hlmn tapi di cicil 20halaman2,
    mksh sblunya...

    ReplyDelete
  2. Masuk ke jendela Print dengan menekan tombol Ctrl+P. Pada bagian Page Range, di kotak Pages: isi dengan 1-20 lalu klik OK. jika sudah selesai, ulangi Ctrl+P, Pages: 21-40, OK. Ulangi dengan 41-60, OK. Begitu seterusnya... Semoga terbantu.

    ReplyDelete
  3. mau tanya..
    saya baru saja memakai ms 2010 printer epson L200. setiap kali ngeprint, baik all page, current page atau pun custom range selalu saja ketambahan 1 halaman yang isinya keterangan mengenai file (filename, directory, author, dll...) bagaimana cara menghilangkannya. kalau ngeprintnya 4 kali, so halaman itu juga ikutan 4 kali.... thanks before...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang dimaksud lembar file properties yang ikut ke-print.
      Coba cek ke menu File > Options. Pada jendela Word Options, pilih Display yang ada di kiri (dibawah General). Temukan Printing options (sebelah kanan), cari Print document properties, jika dalam keadaan ter-cheklist, lakukan klik untuk uncheck (buka checklist). Akhiri dengan klik tombol OK. Semoga berhasil

      Delete
  4. kalau mau ngeprint bolak balik gmana? yang pas dan akurat

    ReplyDelete

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya memasukkan link ke blog Anda iOu! akan sangat menghargainya...

Langganan artikel via email anda. Gratis!!!

Anda akan menerima kiriman posting terbaru dari blog ini melalui email

Enter your email address: