Friday, November 4, 2011

Membuat Daftar Isi Dengan Menggunakan Tab pada MS Office Word 2010


Daftar Isi Menggunakan Tab
Setting format tab ms word agar mengetik daftar isi menjadi rapih dan mudah.
Dalam menyusun sebuah karya tulis pasti disertakan Daftar Isi sebagai indeks untuk mempermudah pembaca mengetahui isi karya tulis dari bab maupun sub judul berdasarkan nomor halaman. Biasanya daftar isi tertulis  bab/ sub judul lalu titik-titik dan di ujung kanan baru ditulis nomor halaman. Agar terlihat rapih dan mudah pengerjaannya kita sebaiknya menggunakan fungsi tab.
Kali ini pengalaman iOu! membuat daftar isi dengan menggunakan fasilitas tab pada Ms Office Word 2010.
Awalnya tulis dulu judul halamanya yaitu Daftar Isi. Agar menarik judul ini dicetak tebal dan diletakkan di tengah halaman. Shorcut untuk menebalkan dengan menekan tombol Ctrl+b secara bersamaan pada keyboard (sebelumnya seluruh ketikan judul ditandai atau dipilih dahulu), lalu shortcut untuk menengahkan judul tekan Ctrl+c pada keyboard. Atau bisa juga menggunakan stylesdengan memilih style Title pada tab menu Home > Styles.
Tekan tombol enter untuk membuat paragraf baru, pastikan style-nya Normal.
Paragraph dialog box launcher
Buka menu Paragraph. Pada Home > Paragraph klik dialog box laucher yang terletak pada kanan bawah grup menu Paragraph ini. Pada jendela paragraph klik tombol Tabs... yang terletak di kiri bawah. Maka akan muncul jendela pengaturan tabs.
Paragraph dialog box
Diasumsikan kertas yang anda gunakan adalah ukuran A4 dengan margin kiri 4 cm kanan 3 Cm.
Pada kotak Tab stop position: ketikan angka 13, pada Alignment pilih Left dan Leader pilih 2 ....... ini artinya saat tombol tab ditekan makan akan terbentuk titik-titik terlebih dahulu dan berakhir di posisi 13 cm. Lalu isi kembali kotak Tab stop position: ketikkan 14 cm, pada Alignment pilih Right dan Leader pilih 1 None. Jika tombol tab di tekan maka akan berpidah di posisi 14 cm dengan perataan rata kanan.
Tabs dialog box
Sekarang tinggal ketik bab/ sub judul lalu tekan tab sekali (terbentuk titik-titik dengan posisi tab 13 cm, lalu tekan kembali tombol tab dan ketikkan nomor halaman bersangkutan. Tekan enter untuk membentuk garis baru, ketik sub judul berikutnya, tekan tab, tekan tab sekali lagi, ketik nomor halaman. Lakukan hal yang sama dan seterusnya.
Semoga bermanfaat

2 comments:

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya memasukkan link ke blog Anda iOu! akan sangat menghargainya...

Langganan artikel via email anda. Gratis!!!

Anda akan menerima kiriman posting terbaru dari blog ini melalui email

Enter your email address: