Monday, May 23, 2011

Membuat Text Di Dalam Shapes Microsoft Office


iOu! Membuat text di dalam shapes pada Microsoft Office dalam contoh dibawah ini  menggunakan shapes dalam Microsoft Office Word 2007.
Shapes merupakan bentuk objek yang telah disediakan oleh Microsoft Office, bisa berbentuk kotak, lingkaran, membuat sendiri suatu bentuk dari garis. Shapes dalam Microsoft Office Word 2007 terdapat pada menu Insert di kelompok menu Illustrations terdapat menu Shapes. Bila memilih shapes text box dapat langsung mengetikkan text dalam kota yang kita buat, tapi bagaimana jika kita ingin membuat text pada objek dalam bentuk lain seperti dalam lingkaran, kotak panah, callout, flowchart dll...???

Pertama kita buat dulu suatu bentuk shapes, misalnya lingkaran dengan cara klik menu shapes lingkaran lalu pada bagian kertas kerja kita klik sambil ditahan tarik ke arah lain sehingga terbentuk suatu lingkaran.
Setelah objek lingkaran terbentuk, lakukan klik kanan di atas objek maka akan keluar menu pilihan. Pilihlah menu Add Text. Dalam lingkaran kini terdapat cursor untuk melakukan pengetikan teks.
Menu yang aktif sekarang adalah Text Box Tools > Format. Menu ini berguna untuk menentukan format objek text box sesuai dengan keinginan.
Jika ingin merubah bentuk objeknya,  dalam keadaan objek aktif (biasanya ditandai dengan empat titik di tiap sudut) klik menu Change Shape lalu pilih salah satu bentuk objek baru, maka objek akan berubah bentuk.

5 comments:

  1. mas saa mau tanya, gimana carannya menggabungkan 2 shapes secara bersamaan tapi tidak saling tindih,, misal saya menggabungkan 2 lingkaran, saya ingin kedua lingkaran tersebut berhimpitan, tapi tidak tertutup oleh lingkaran yang lainnya carannya gimana???

    ReplyDelete
  2. mas mau tanya bagaimana menggabungkan 2 shapes tanpa saling tertindih, saya mau menggabungkan dua lingkaran bagaimana caranga agar kedua garis lingkaran bisa saling berhimpitan, jadi kedua lingkaran bisa utuh tanpa tertutupu

    ReplyDelete
  3. Kalau saya biasanya menggunakan opsi No Fill pada objek yang posisinya di atas (menutupi objek yang berada di bawah) caranya select dulu objek pada menu Shape Styles > Shape Fill, centang No Fill atau dengan klik kanan pada objek lalu klik Format Shape... maka akan muncul jendela popup Format Shape lalu pada bagian Fill pilih No Fill (kelemahannya objek tersebut tidak berwarna/ putih transparan). Atau bisa saja menggunakan fasilitas transparancy, rubah nilai persentase transparannya lebih tinggi (tidak berlaku pada objek dengan fill pada posisi No fill biasanya pada objek dengan fill Solid fill). Semoga bisa membantu...

    ReplyDelete
  4. biar textnya pas ditengah kotak gimana pengaturannya ya mas?
    trims before :)

    ReplyDelete
  5. Ini yang biasa saya lakukan. Untuk perataan text secara vertikal gunakan saja align text paragraf, biar lebih mudah gunakan shortcut keyboard: ctrl+E untuk rata tengah (perataan lainnya ctrl+L untuk rata kiri, , crtl+R untuk rata kanan dan ctrl+J untuk rata kiri-kanan/ justify). Untuk perataan horizontal pilih hiddle pada sub menu align text pada jendela menu drawing tool-format (menu ini muncul bila objek dalam keadaan aktif atau ketika object di-klik/ terpilih).

    ReplyDelete

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya memasukkan link ke blog Anda iOu! akan sangat menghargainya...

Langganan artikel via email anda. Gratis!!!

Anda akan menerima kiriman posting terbaru dari blog ini melalui email

Enter your email address: