Sunday, March 22, 2009

Mengenal Fungsi "IF" di MS Excel

Fungsi "IF" berguna untuk membuat suatu pernyataan logika. Pada prinsipnnya pernyataan fungsi if MS Excel tersebut memiliki rumus sebagai berikut:
Pernyataan, nilai jika benar, nilai jika salah
atau
Jika X, maka benar, jika tidak (bukan X) maka salah.

Contoh


Misalkan, dalam penilaian suatu mata pelajaran kita membuat limit terkecil untuk kelulusan siswa adalah 60. Jika ada murid yang nilainya kurang dari 60 maka tidak lulus.


Iou menoba mengerjakan penilaian ini di MS Excel dengan menggunakan fungsi if sebagai berikut:


Pertama membuat tabel daftar nama murid dan nilai yang diraih oleh masing-masing.



Fungsi IF akan digunakan di cell D2 sampai dengan D9. Letakkan kursor di cell D2 kemudian klik Insert>>Function... (fx)



Maka akan tapil kota diallog Insert Function. Pada kotak Select a Function: pilih IF lalu klik OK



Muncullah kotak dialog Function Arguments, dimana kita bisa mengarguentasikan fungsi logik yang akan dibuat, secara default kursor akan berada di kota isian Logical_test. Klik cell D2 atau dapat juga diketik langsung di kotak isian Logical_test tersebut D2, selanjutnya ketik tanda lebih dari dan angka 60 (">60") jadi hasilnya D2>60. Maksudnya adalah sebuah pernyataan "Jika D2 lebih dari 60".


Pindahkan atau tekan tombol Tab untuk berpindah ke kota dibawahnya yaitu kotak isian Value_if_true: isi dengan kata "LULUS". Selanjutnya tekan tombol Tab atau klik di kota isian dibawahnya lagi yaitu Value_if_false: ketik kata "TIDAK LULUS".


Perhatikan kotak Formula Bar yang ada di bagian atas, disitu tertulis =IF(C2>60;"LULUS";"TIDAK LULUS"). Sebenarnya kita bisa langsung menuliskan rumus tersebut pada kota Formula Bar dengan rumus tersebut.
Kita dapat membaca rumus sebut sebagai berikut:
Jika C2 lebih dari 60 maka tulis "lulus", jika tidak (kurang dari enam puluh) maka tidak "tidak lulus".


Akhiri dengan mengklik tombol OK.



Langkah selanjutnya klik cell D2 lalu tarik bagian ujung bawah kanannya sampai ke cell D9, atau bisa dilakukan dengan cara mengkopi cell D2 lalu paste di cell D3 sampai dengan D9



Dan lihatlah hasil rumus fungsi if di MS Excel, pada column D mulai dari cell D2 sampai D9 secara otomatis memberikan keterangan Lulus atau Tidak Lulus berdasarkan nilai yang berada di kolom Keterangan. Coba anda edit atau ganti angka di kolom C Jumlah Nilai maka keterangan di kolom D Keterangan akan menyesuaikan dengan rumus yang telah kita buat tadi.
Masih banyak rumus-rumus fungsi MS Excel lain yang bermanfaat untuk pekerjaan sehari-hari, diantara fungsi average untuk mencari nilai rata-rata, fungsi round untuk pembulatan, dan lain-lain. Mungkin rumus-rumus fungsi MS Excel tersebut akan iOu! bahas pada posting yang akan datang.
Semoga bermanfaat.Selamat mencoba.


iou!





1 comments:

  1. mudah juga belajar if di excel
    makasih infonya...

    ReplyDelete

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya memasukkan link ke blog Anda iOu! akan sangat menghargainya...

Langganan artikel via email anda. Gratis!!!

Anda akan menerima kiriman posting terbaru dari blog ini melalui email

Enter your email address: