Monday, March 2, 2009

Download WampServer dan Joomla

Untuk membuat website menggunakan Joomla tentu kita harus paham dulu bagaimana mengoperasikan joomla. Jika kita mempelajari langsung di internet banyak kendala, yang saya rasakan diantaranya waktu yang kita sediakan untuk menggunakan internet tidak banyak. Maklum masih memanfaatkan jasa warnet, belum punya akses internet sendiri. Karena itu kita harus belajar menggunakan komputer lokal atau PC terlebih dahulu.
Seyogyanya joomla digunakan di internet tetapi dapat juga diinstall di komputer lokal dan kita dapat membuat website secara offline (di komputer lokal) selanjutnya dapat di-upload ke server internet. Namun joomla tidak begitu saja terinstall di PC harus ada program yang berfungsi sebagai server (simulasi server internet) dan membutuhkan Apche, PHP dan MySQL. Untuk itu saya menggunakan WampServer2 sebagai sever lokal agar joomla dapat terinstall.
Karena saya belum memiliki software WampServer 2 maka saya mendownloadnya di
www.wampserver.com atau anda bisa klik alamat ini http://www.wampserver.com/en/download.php

Lalu klik DOWNLOAD WampServer 2.0h, ini versi terbaru bulan Mei 2009
Pada halaman berikutnya saya memilih source download mirror karena ingin memilih sendiri lokasi sever download.
Awalnya Iou memilih sever dari Waix (Perth, Australia) lalu klik tombol OK, namun setelah dicoba lambat sekali dan bisa dikatakan tidak berhasil mungkin traffic dari server ini sedang sibuk. Lalu mencoba server lain, kali ini National Center for High-Performance Computing (Tainan, Taiwan) dan hasilnya memuaskan, proses download berjalan dengan lancar dalam waktu beberapa menit saja. Terdapat 22 server yang disediakan oleh WamServer untuk mendownload, silahkan memilih yang cocok dengan situasi dan kondisi pada saat men-download.


Lanjutkan dengan menyimpan file WampServer di komputer anda.

Saya juga mendownload Joomla versi terbaru yaitu Joomla 1.5.9 di alamat ini
http://www.joomla.org/download.html

Lalu saya mengklik ZIP dibawah DOWNLOAD pada baris English (UK) 1.5.9 Full Pakage dan menyimpan filenya di komputer lokal.

Lalu bagaimana cara meng-install Wamp Server ? Klik disini saja Intall WampServer2

Untuk menginstall Joomla sangat berbeda dengan WampServer.
OK untuk lebih jelasnya klik ini Install Joomla di Wamp Server.
Lanjutkan dengan Langkah-langkah Install Joomla.

Semoga dapat bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya memasukkan link ke blog Anda iOu! akan sangat menghargainya...

Langganan artikel via email anda. Gratis!!!

Anda akan menerima kiriman posting terbaru dari blog ini melalui email

Enter your email address: