Tuesday, February 17, 2009

Awal berkenalan dengan Joomla!

Sekitar tiga atau empat bulan lalu saya mencoba mempelajari CMS Joomla karena ada keinginan yang sangat mendesak untuk membuat website seperti yang banyak saya lihat di internet.
Awalnya saya mengenal Joomla 1.0 namun selanjutnya mendownload Jommla versi terbaru, sekarang sudah versi 1.5.9.

Versi 1.0 dan versi 1.5 ada beberapa perbedaan. Yang saya rasakan terutama perbedaan pada editor artikel. Pada versi 1.0 untuk intro ditempatkan pada window editor khusus untuk intro, di versi 1.5 kita hanya perlu mengklik readmore yang berada dibawah panel editor joomla, jadi lebih simple dan mudah jika ingin merubah batasan intro artikel. Selain itu pengistilahan mambots menjadi plugin, menurut saya ini sangat baik karena kebanyakan orang lebih mengenai dengan istilah plugin.
Namun perbedaan versi ini berpengaruh pada extension pendukung yang kebanyakan stabil untuk versi 1.0. Kita memang bisa menggunakan extension versi 1.0 asalkan yang diberi label legacy, namun kenyataannya masih banyak bags dalam kompetibilitas di versi 1.5. Jika ingin mencari extention joomla 1.5 yang sebaiknya gunakan yang berlabel native 1.5.
Penggunaan server local untuk belajar joomla di komputer local, saya mencoba dua aplikasi yaitu xxamp dan wamp server. Setelah dirasa-rasa saya merasa lebih cocok dengan WAMP Server karena memiliki menu yang bisa kita gunakan untuk mensetting apache sesuai keinginan. Yang pernah saya rasakan diantaranya, untuk mendukung SEF (Search Engine Frendly) kita harus merubah htaccess.txt yang ada di root directory menjadi .htaccess, di xxamp saya bingung karena terjadi error dan meminta untuk rewrite mode, tidak ada menu untuk itu. Tapi dengan Wamp dengan mudah saya mengaktifkan rewrite mode dengan menu yang disediakan oleh taskbar wamp.
Ada rencana didalam pikiran saya untuk menuliskan semua pengalaman saya belajar Joomla ini, namun saya memang belum tuntas mempelajarinya. Jadi kita tunggu saja dan doakan semoga saya bisa membuat artikel lengkap langkah-langkah belajar joomla berdasarkan pengalaman yang saya lakukan. Insya Allah.

0 comments:

Post a Comment

Jangan disimpan di dalam hati, lebih baik tuangkan dalam komentar. Walaupun hanya memasukkan link ke blog Anda iOu! akan sangat menghargainya...

Langganan artikel via email anda. Gratis!!!

Anda akan menerima kiriman posting terbaru dari blog ini melalui email

Enter your email address: